Analisis Kesenjangan Peran Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) (Analisis Isi Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kelas XI SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Berita Media Internet atau Online)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran polri pada buku Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kelas XI kurikulum
2013. Untuk mendeskripsikan peran polri pada materi berita di media internet/online. Untuk mendeskripsikan
kesenjangan peran polri yang terdapat dalam Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terbitan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kelas XI kurikulum 2013 dengan peran polri
yang terdapat pada materi berita di internet/online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data
dalam penelitian ini adalah buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terbitan Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia kelas XI kurikulum 2013 dan materi berita di media internet/online.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan studi kepustakaan. Keabsahan data diuji
menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data, untuk menganalisis data yang
terkumpul digunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan terjadi kesenjangan peran polri,
antara rumusan materi yang terdapat dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terbitan
Kementerian Pendidikan Pancasila dan Kebudayaan Republik Indonesia kelas XI kurikulum 2013 dengan
pelaksanaan yang terdapat dalam media internet/online. Kesenjangan tersebut dapat dilihat dari peristiwa yang
banyak menyimpang dari rumusan materi yang ada. Banyak anggota polri yang berperilaku tidak sesuai dengan
rumusan materi yang terdapat dalam buku tersebut.