Peningkatan Minat Belajar IPS melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Artikulasi bagi Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui strategi pembelajaran
Artikulasi pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas subjek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD
Muhammadiyah 16 Surakarta yang berjumlah 31 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru (peneliti).
Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan
lapangan. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik deskriptif kualitatif yang
meliputi tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari
minat belajar siswa kondisi awal sebesar 39,50% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 62,12%
dan siklus II sebesar 82,37%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan
Strategi Pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan minat belajar IPS bagi siswa kelas III SD
Muhammadiyah 16 tahun ajaran 2017/2018.