Show simple item record

dc.contributor.authorHastuti, Winda
dc.date.accessioned2019-07-25T02:47:29Z
dc.date.available2019-07-25T02:47:29Z
dc.date.issued2019-01
dc.identifier.citationAqib, Zainal dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya. Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Bumi Aksara. Hamzah. 2009. Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara Latut, Anirisa. 2017. “Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar”. Skripsi. Banda Aceh, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh: Tidak Diterbitkan. Mungarofatul, Siti. 2012. “Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Problem Solving Melalui Media Puzzle Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Yogyakarta”. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta: Tidak Diterbitkan. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah Rahayu, N Pupung. 2017. Penerapan Media Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III SDN 2 Paseh Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang. Jurnal Golden Age. Vol.1 No.1 Hal 47-57. Juni. 2017 Rosdijati, Nani. 2012. Panduan Pakem IPS SD. Jakarta: Erlangga. Sugiyanto. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Yuma Pustaka.id_ID
dc.identifier.isbn978-602-704-715-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11202
dc.description.abstractPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada prinsipnya memiliki tujuan untuk mengembangkan sikap dan nilai moral siswa guna menyiapkan warga negara Indonesia yang lebih baik (a good citizen), berpartisipasi aktif dan bertanggungjawab dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Materi PPKn kelas rendah pada umumnya sangat teoritis, abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Selain itu, kurangnya keterampilan guru mengembangkan model dan media pembelajaran PPKn menyebabkan siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga berdampak pada hasil belajar yang cukup rendah. Alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan pada muatan PPKn kelas rendah ialah puzzle Pancasila, dimana siswa dapat menyusun potongan pola menjadi gambar yang bermakna secara individu maupun kelompok. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PPKn melalui media puzzle Pancasila pada siswa kelas IA di SDN Rambutan 03 Pagi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar sebagai berikut. Hasil belajar kompetensi sikap spiritual (KI-1) siklus I mendapatkan skor 11,31 kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 11,81 dengan kategori baik, dan siklus III menjadi 13,72 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar kompetensi sikap sosial (KI-2) siklus I memperoleh skor 8,38 kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 8,46 dengan kategori baik, dan pada siklus III menjadi 9,66 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar kompetensi pengetahuan (KI-3) siklus I memperoleh persentase ketuntasan klasikal 71,88%, meningkat pada siklus II sebesar 75,00%, dan meningkat pada siklus III sebesar 84,38%. Hasil belajar kompetensi keterampilan (KI-4) siklus I memperoleh persentase ketuntasan klasikal 71,88%, siklus II sebesar 78,13%, dan siklus III sebesar 87,5%. Perolehan skor hasil belajar mengalami peningkatan pada ketiga siklus dan memenuhi indikator keberhasilan sebesar 80% pada siklus ke III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle Pancasila dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IA di SDN Rambutan 03 Pagi.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019id_ID
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar PPKn menggunakan Media Puzzle Pancasila pada Siswa Kelas IA di SD Negeri Rambutan 03 Pagiid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record