Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Komite Audit, dan Likuiditas Terhadap Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Komite Audit dan Likuiditas terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel 58 perusahaan dengan 3 periode tahun penelitian sehingga menghasilkan data sebanyak 174 data penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji korelasi, uji heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan variabel profitabilitas, leverage, komite audit dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility.