dc.contributor.author | Sofyan, Ali | |
dc.date.accessioned | 2019-08-19T04:40:31Z | |
dc.date.available | 2019-08-19T04:40:31Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.citation | Brown, H. Douglas. 1994. Principles of Language Learning. Prentice Hall: San Fransisco Hornby, A.S.1987. Oxford Advanced Learners Dictionary of Current English. Oxford: Oxford University Press. Mackay, R & Mountford, A. J. 1978. English for Specific Purposes: A Case Study Approach. London: Longman Hutchinson, Tom & Water, Alan. 1987. English for Specific Purposes: A Learning-centred. Cambridge: Cambridge University Press my.languagein india.com www.antlab.sci.waseda.ac.jp www.cs.bham.ac.uk www.dikmenjur.go.id www.indiana.edu/~1630tesp | id_ID |
dc.identifier.issn | 2621-1661 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/11447 | |
dc.description.abstract | Sebagai salah satu sekolah kejuruan, SMKN 1 Miri menerapkan English for
Specific Purposes (ESP) dalam pengajaran Bahasa Inggris. ESP dikenal sebagai
pendekatan berpusat pada peserta didik untuk mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa
asing atau kedua. Dalam kegiatan belajar-mengajar, guru memiliki strategi, dan kesulitan
dalam pengajaran English for Specific Purposes (ESP). Selain itu tentu saja juga perlu
diketahui adanya kesesuaian antara teori dan praktek pengajaran English for Specific
Purposes.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pengajaran yang diteliti adalah
pengajaran untuk tingkat I jurusan Mesin SMKN 1 Miri, Sragen. Penulis mengumpulkan
data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Strategi yang digunakan oleh guru adalah dengan selalu mendorong siswa untuk
mempraktekkan berbahasa Inggris, dan jangan malu untuk berbicara dalam bahasa
Inggris. Kesulitan dalam pengajaran English for Specific Purposes adalah Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun oleh guru kadang-kadang tidak sesuai dengan
langkah pembelajaran, dan beberapa siswa tidak begitu menguasai bahasa Inggris. Teori
dan praktek pengajaran English for Specific Purposes tidak sesuai karena kadang-kadang
kurikulum yang ada mengabaikan kebutuhan siswa, dan peran guru hanya sebagai
pengajar dan evaluator. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016 | id_ID |
dc.title | Studi Tentang Pengajaran English for Specific Purposes pada Siswa Jurusan Mesin SMK Negeri 1 Miri, Sragen | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |