Pembelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs berbasis Text dan Pendekatan Scientific dalam Kurikulum 2013
Abstract
Awal tahun pelajaran 2013 tepatnya Juli 2013, Pemerintah telah menetapkan
diberlakukannya Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memperkenalkan pendekatan
saintifik sebagai pendekatan wajib yang harus dilaksanakan guru dalam proses
pembelajaran dikelas untuk semua mata pelajaran. Hal ini menimbulkan pertanyaan akan
kemungkinan penerapan pendekatan saintifik untuk pengajaran bahasa terutama bahasa
Inggris mengingat bahasa inggris dikategorikan sebagai ilmu sosial bukan mata pelajaran
sains atau ilmu pasti, sedangkan kata “Saintifik” identik dengan mata pelajaran sains atau
ilmu pasti. Permasalahan lain yang timbul terkait dengan pendekatan saintifik ini adalah
kenyataan bahwa kurikulum 2013 masih menerapkan pendekatan berbasis teks. Hal ini
memunculkan pertanyaan terkait dengan bagaimana menerapkan dua pendekatan
sekaligus dalam sebuah proses pembelajaran. Makalah ini akan membahas tentang
permasalahan ini, yaitu bagaimana penerapan pendekatan saintifik dan pendekatan
berbasis teks untuk pengajaran bahasa Inggris di pendidikan menengah sesuai dengan
tuntutan kurikulum 2013.