Show simple item record

dc.contributor.authorMustafalia, Azizah
dc.date.accessioned2019-08-20T04:21:02Z
dc.date.available2019-08-20T04:21:02Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.citationEggins, Suzanne. 2004. An Introduction to Systemic Functional linguistics. London: Continuum International Publishing Group. Fauziati, Endang. 2014. Methods of Teaching English as a Foreign Language(TEFL). Surakarta. PT Halliday, M. A. K., Hasan, Ruqaiya. 1989. Language, Context, and Text: aspects of language in a social semiotic perspective. New York: Oxford University Press. Slavin, A Robert. 2008. Cooperative Learning: Theory Riset and Praktik. Terjemahan oleh Nurulita. Bandung:Nusa Media. Soeparno. 2002. Dasar-dasar Linguistic Umum. Yogyakarta. PT Tiara Wacana. Zhang, Yan. Cooperative Language Learning and Foreign Language Learning and Teaching. January 2010. Vol 1 No 1.id_ID
dc.identifier.issn2621-1661
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11464
dc.description.abstractBahasa merupakan sebuah alat komunikasi sosial. Dengan penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi, setiap orang bisa membagikan pemikiran mereka, bertanya, memberi respon pada lawan bicara, mengekpresikan perasaan, dsb. Pengajaran bahasa inggris yang meliputi empat skill, reading, listening, writing dan speaking, menjadi bagian tak terpisahkan dari materi ajar yang terdapat pada kurikulum 2013. Esensi penting pada pembelajaran bahasa, khususnya bahasa Inggris, adalah agar siswa mampu memahami makna pada bahasa inggris serta mengaplikasikan fungsinya sebagai alat komunikasi. Pada realita yang dihadapi, dalam proses pembelajaran bahasa inggris, banyak dari siswa hanya menjadikan perolehan nilai tinggi sebagai tujuan dari pembelajaran bahasa inggris. Sedangkan fungsi dari pembelajaran itu sendiri dikesampingkan. Metode Cooperative Language Learning (Coop.LL) hadir sebagai cara pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas kelompok. Siswa tidak hanya bersaing satu sama lain, tetapi diarahkan agar mencapai tujuan yang sama dalam pembelajaran, dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan meraka dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pentingnya pembelajaran bahasa sebagai alat komunikasi sejalan dengan esensi dari Linguistik Fungsional Sistemik yang memandang bahasa sebagai semiotik sosial. Sangat menarik untuk dipelajari tentang bagaimana penerapan Coop.LL pada pembelajaran bahasa Inggris dengan berbasis pada SFL dapat meningkatkan pemahaman siswa akan makna bahasa dan fungsi sosialnya.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016id_ID
dc.titlePenerapan Cooperative Language Learning Method pada Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Linguistik Sistemik Fungsionalid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record