Show simple item record

dc.contributor.authorSuharsono, Degita Danur
dc.date.accessioned2019-08-20T06:50:20Z
dc.date.available2019-08-20T06:50:20Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.citationArdianto, E, Lukiati Komala, dan Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. (edisi revisi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Dardjowidjojo, S. 2012. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Creswell, J, W. 2009. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications. Terjemahan. Fawaid, A. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cummings, L.1999. Pragmatics, A Mutidicplinary Perspective. New York: Oxford University Press. Terjemahan. Ibrahim, A. S (editor). 2007. Pragmatik: Sebuah Prespektif Multidispliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rahayu, N. T. 2010. Teori Interaksi Simbolik dalam Kajian Komunikasi. Dalam Suwarto (editor). Widyatama. Volume 19. Sukaharjo: LPPM Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Rani, A, Martutik, dan Bustanul Arifin. 2013. Analisis Wacana: Tinjauan Deskriptif. Malang: Surya Pena Gemilang. Ricouer, P. 2012. Teori Interpretasi. Terjemahan Hery, M. Yogyakarta: IRCiSoD dan Diva Press. Soeprapto, R. 2002. Interaksionisme Simbolik. Yogyakarta dan Malang: Pustaka Pelajar dan Averroes Press.id_ID
dc.identifier.issn2621-1661
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/11473
dc.description.abstractSalah satu bentuk interaksi yang digunakan dalam wacana kelas adalah interaksi simbolik. Interaksi simbolik merupakan bentuk interaksi yang menggunakan simbolsimbol bahasa sebagai alat penyampaian pesan. Makalah ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian mikroetnografi. Temuan penelitian menunjukkan adanya interaksi simbolik dalam wacana kelas yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Pendidik dan peserta didik telah membentuk pola dan bentuk interaksi simbolik dalam wacana kelas. Terdapat tiga pola interaksi simbolik dalam wacana kelas, yaitu (1) pola interaksi simbolik pendidik kepada peserta didik, (2) pola interaksi simbolik peserta didik kepada peserta didik, dan (3) pola interaksi simbolik peserta didik kepada pendidik. Bentuk interaksi simbolik dalam wacana kelas diklasifikasikan dalam tiga bentuk, yaitu (1) bentuk simbol tidak bersuara, (2) bentuk simbol bersuara, dan (3) bentuk paduan.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherSeminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) IV 2016id_ID
dc.titleInteraksi Simbolik dalam Wacana Kelasid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record