dc.identifier.citation | Ardianto, E, Lukiati Komala, dan Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. (edisi revisi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Dardjowidjojo, S. 2012. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Creswell, J, W. 2009. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications. Terjemahan. Fawaid, A. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cummings, L.1999. Pragmatics, A Mutidicplinary Perspective. New York: Oxford University Press. Terjemahan. Ibrahim, A. S (editor). 2007. Pragmatik: Sebuah Prespektif Multidispliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rahayu, N. T. 2010. Teori Interaksi Simbolik dalam Kajian Komunikasi. Dalam Suwarto (editor). Widyatama. Volume 19. Sukaharjo: LPPM Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Rani, A, Martutik, dan Bustanul Arifin. 2013. Analisis Wacana: Tinjauan Deskriptif. Malang: Surya Pena Gemilang. Ricouer, P. 2012. Teori Interpretasi. Terjemahan Hery, M. Yogyakarta: IRCiSoD dan Diva Press. Soeprapto, R. 2002. Interaksionisme Simbolik. Yogyakarta dan Malang: Pustaka Pelajar dan Averroes Press. | id_ID |
dc.description.abstract | Salah satu bentuk interaksi yang digunakan dalam wacana kelas adalah interaksi
simbolik. Interaksi simbolik merupakan bentuk interaksi yang menggunakan simbolsimbol
bahasa sebagai alat penyampaian pesan. Makalah ini menggunakan rancangan
penelitian kualitatif dengan jenis penelitian mikroetnografi. Temuan penelitian
menunjukkan adanya interaksi simbolik dalam wacana kelas yang dilakukan oleh
pendidik dan peserta didik. Pendidik dan peserta didik telah membentuk pola dan bentuk
interaksi simbolik dalam wacana kelas. Terdapat tiga pola interaksi simbolik dalam
wacana kelas, yaitu (1) pola interaksi simbolik pendidik kepada peserta didik, (2) pola
interaksi simbolik peserta didik kepada peserta didik, dan (3) pola interaksi simbolik
peserta didik kepada pendidik. Bentuk interaksi simbolik dalam wacana kelas
diklasifikasikan dalam tiga bentuk, yaitu (1) bentuk simbol tidak bersuara, (2) bentuk
simbol bersuara, dan (3) bentuk paduan. | id_ID |