• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS
    • Seminar Nasional Teknik Sipil III 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UMS
    • Seminar Nasional Teknik Sipil III 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Karakteristik Makro Lalu Lintas Heterogen pada Ruas Jalan Satu Arah di Kota Makassar

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (702.4Kb)
    Date
    2013
    Author
    Ramli, M. Isran
    Runtulalo, Dantje
    Hustim, Muralia
    Aly, S. Hamid
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perilaku lalu lintas yang tidak disiplin dalam menggunakana lajur jalan diberbagai kota di negara berkembang termasuk di Makassar, Indonesia telah menjadikan kondisi lalu lintas dalam kategori lalu lintas heterogen. Untuk memahami lebih jauh karakteristik lalu lintas heterogen ini, studi ini bertujuan memodelkan hubungan antar karakteristik makro lalu lintas (volume-kecepatan-kepadatan atau V-S-D) pada ruas jalan satu arah di Kota Makassar.Studi ini melakukan survei pada salah satu ruas jalan yang dikategorikan sebagai tipe jalan satu arah di Kota Makassar, yaitu Jl. Sulawesi. Pada survei ini perekaman kondisi lalu lintas menggunakan video camera dilakukan selama sehari khususnya pada kondisi periode puncak lalu lintas, baik pagi, siang maupun sore hari. Hasil perekaman selanjutnya diekstraksi di Laboratorium untuk mencacah volume dan mengukur kecepatan lalu lintas.Analisis data volume dan kecepatan kendaraan mengaju pada standar MKJI 1997. Model hubungan karakteristik makro lalu lintas dibangun dengan mengadopsi pendekatan model Greenshield, Greenberg dan Underwood. Kalibrasi nilai-nilai parameter model dan validasi model dilakukan dengan menggunakan serangkaian uji statitik.Hasil-hasil analisis dan evaluasi model memperlihatkan bahwa terdapat variasi kecocokan model dengan kondisi lalu lintas heterogen diantara keempat ruas jalan yang distudi. Dalam hal ini, model Underwood sedikit lebih baik dari kedua model lainnya. Namun, model Greenberg dan Greenshield juga pada kondisi terntentu sedikit lebih baik validitas. Hasil-hasil yang diperoleh pada studi ini dapat menjadi bahan utama dalam memodelkan lebih lanjut kondisi lalu lintas heterogen dengan menggunakan pendekatan mikro simulasi.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/11547
    Collections
    • Seminar Nasional Teknik Sipil III 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV