Now showing items 5-24 of 40

    • HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN VOKASIONAL DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMK 

      Hidayati, Dwi Istikhomah; Suparno (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kematangan vokasional dengan motivasi berwirausaha pada siswa SMK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Solo ...
    • HUBUNGAN ANTARA KOHESIVITAS KELOMPOK DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN 

      O, Achmad Dwityanto; Amalia, Pramudhita Ayu (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kohesivitas kelompok dengan komitmen terhadap organisasi di PT. NA Pekalongan. Komitmen terhadap organisasi berfungsi sebagai variabel tergantung, sementara ...
    • KARAKTER DISIPLIN BERLALU LINTAS DALAM ISLAM 

      Yuwono, Susatyo (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Artikel ini mengambil latar belakang permasalahan meningkatnya pelanggaran lalu lintas yang menunjukkan adanya penurunan karakter kedisiplinan berlalu lintas. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji karakter ...
    • Kata Pengantar 

      Yuwono, Susatyo (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
    • KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PSIKOLOGI ISLAM 

      Mujib, Abdul (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Fungsi pendidikan adalah transformasi kebudayaan dan nilai kepada peserta didik, agar mampu memahami, menginternalisasikan dan menyampaikan kepada generasi berikutnya. Ada dua faktor pendidikan ialah faktor eksternal, ...
    • MENGUNGKAP POTENSI, MEMBANGUN KARAKTER : VISI PENDIDIKAN KINI DAN ESOK. 

      Prihartanti, Nanik (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Keberhasilan sebuah pembelajaran, selain ditentukan oleh materi pembelajaran juga oleh ketepatan pemilihan strategi dan metode pembelajaran. Model pembelajaran pendidikan karakter menuntut strategi yang dapat memfasilitasi ...
    • MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KECERDASAN MORAL ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN METODE DONGENG 

      Ahyani, Latifah Nur (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Membangun kecerdasan moral sangat penting dilakukan agar suara hati anak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga mereka dapat menangkis pengaruh buruk dari luar. Salah satu cara yang dapat digunakan ...
    • MENTAL PEMBELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN 

      Yahman, Soleh Amini (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Isu tentang peningkatan sumber daya manusia pada akhir abad ke dua puluh dan terebih di awal abad 21 menjadi sangat penting untuk segera diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kualitas sumber ...
    • METODE DZIKIR UNTUK MENGURANGI STRES PADA WANITA SINGLE PARENT 

      Hamid, Abdul; Anwar, Zainul; Fasikhah, Siti Suminarti (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Menjadi single parent memang tidak mudah, terutama bagi wanita. Banyak hal yang berubah dan butuh penyesuaian diri. Islam sebagai salah satu agama mampu memberikan ketenangan hati bagi umatnya. Diantara metode untuk ...
    • METODE PEMBIASAAN AS-SUNNAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER 

      Pusfiyaningsih, Linda Yani (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Dalam kemajuan teknologi yang semakin modern ini, pendidikan karakter menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan generasi saat ini. Pendidikan karakter telah dibentuk sejak anak usia dini, baik dalam lingkungan ...
    • MODEL EVALUASI NILAI-NILAI LUHUR (MENIL) PADA PEMBELAJARAN SAINS, BERBASIS POTENSI DAERAH : SUATU PENDEKATAN MODEL 

      Winaryati, Eny (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Sains merupakan pengetahuan alam yang telah mengalami uji kebenaran melalui metode ilmiah dengan ciri: objektif, metodik, sistimatis, universal, dan tentatif. Sains sangat terkait dengan upaya memahami berbagai fenomena ...
    • MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELOMPOK BELAJAR DAN SELF EFFICACY 

      Partini (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Fakta yang ada di SMP Al-Muayyat Surakarta menunjukkan bahwa 77% siswa bila mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah lebih memilih menanyakan kepada teman-temannya dari pada membuka referensi dari buku-buku ...
    • NYANYIAN SEBAGAI METODE PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK 

      Lestari, Rini (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Hampir semua orang pernah bernyanyi, begitu pula dengan anak-anak. Dunia anak adalah bermain dan bernyanyi, sehingga ketika anak-anak berada di sekolah TK kegiatan tidak lepas dari bermain dan bernyanyi dengan tujuan ...
    • PELATIHAN SOCIAL STORIES UNTUK MEMBENTUK PERILAKU ALTRUISME ANAK USIA DINI BAGI GURU PAUD 

      Yuwanto, Listyo (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan karakter idealnya ditanamkan sejak anak berusia dini. Orangtua dan guru pendidikan anak usia dini memiliki peran penting pembentukan karakter sejak usia dini. Salah satu karakter yang seharusnya dimiliki adalah ...
    • PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM KELUARGA JAWA 

      Nurani, Gita Aulia; Puspadewi, Melia; Apriliani, Fitria; Moordiningsih (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Keluarga merupakan komponen terkecil dalam masyarakat yang berperan penting dalam pembentukan karakter anak. Orangtua sebagai model utama dalam keluarga bertindak sebagai penanggungjawab timbulnya perilaku positif maupun ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER ( KAJIAN DARI TEORI EKOLOGI PERKEMBANGAN) 

      Na’imah, Tri (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Tulisan ini dilatar belakangi beberapa fenomena di masyarakat yang menunjukkan rendahnya karakter anak. Fenomena itu antara lain masih banyaknya kasus bullying di sekolah, tindak asusila, bahkan kriminalitas anak. ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM JAWA 

      Sujoko (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Memiliki anak yang berkarakter, sholeh dan sholehah, jujur, disiplin, mau bekerja keras, kreatif, mandiri, gemar membaca, peduli lingkungan dan sosial, serta bertanggung jawab merupakan dambaan setiap keluarga. Usaha ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI : SUDAH TERLAMBATKAH? 

      Asyanti, Setia (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Berbagai artikel ilmiah maupun populer mengenai pendidikan karakter telah banyak beredar. Masyarakat makin menyadari pentingnya pendidikan karakter setelah mencermati berbagai peristiwa beruntun di Indonesia yang ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH: APAKAH MENJADIKAN ANAK-ANAK LEBIH BAIK? 

      Karyani, Usmi (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Gencarnya sounding mengenai urgensi pendidikan karakter disambuat baik oleh banyak pihak, sehingga ghirah (semangat) melaksanakan pendidikan karakter cukup terasa di mana-mana. Pemerintah telah mencanangkan aksi nasional ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DIPONEGORO 

      Abidin, Zaenal (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional yang sampai sekarang masih “hidup” di tengah-tengah bangsa Indonesia. Namanya tidak hanya diabadikan sebagai nama Universitas, tetapi juga untuk Kodam, bahkan untuk nama ...