Now showing items 10-29 of 40

    • MENGUNGKAP POTENSI, MEMBANGUN KARAKTER : VISI PENDIDIKAN KINI DAN ESOK. 

      Prihartanti, Nanik (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Keberhasilan sebuah pembelajaran, selain ditentukan oleh materi pembelajaran juga oleh ketepatan pemilihan strategi dan metode pembelajaran. Model pembelajaran pendidikan karakter menuntut strategi yang dapat memfasilitasi ...
    • MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KECERDASAN MORAL ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN METODE DONGENG 

      Ahyani, Latifah Nur (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Membangun kecerdasan moral sangat penting dilakukan agar suara hati anak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga mereka dapat menangkis pengaruh buruk dari luar. Salah satu cara yang dapat digunakan ...
    • MENTAL PEMBELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN 

      Yahman, Soleh Amini (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Isu tentang peningkatan sumber daya manusia pada akhir abad ke dua puluh dan terebih di awal abad 21 menjadi sangat penting untuk segera diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kualitas sumber ...
    • METODE DZIKIR UNTUK MENGURANGI STRES PADA WANITA SINGLE PARENT 

      Hamid, Abdul; Anwar, Zainul; Fasikhah, Siti Suminarti (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Menjadi single parent memang tidak mudah, terutama bagi wanita. Banyak hal yang berubah dan butuh penyesuaian diri. Islam sebagai salah satu agama mampu memberikan ketenangan hati bagi umatnya. Diantara metode untuk ...
    • METODE PEMBIASAAN AS-SUNNAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER 

      Pusfiyaningsih, Linda Yani (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Dalam kemajuan teknologi yang semakin modern ini, pendidikan karakter menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan generasi saat ini. Pendidikan karakter telah dibentuk sejak anak usia dini, baik dalam lingkungan ...
    • MODEL EVALUASI NILAI-NILAI LUHUR (MENIL) PADA PEMBELAJARAN SAINS, BERBASIS POTENSI DAERAH : SUATU PENDEKATAN MODEL 

      Winaryati, Eny (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Sains merupakan pengetahuan alam yang telah mengalami uji kebenaran melalui metode ilmiah dengan ciri: objektif, metodik, sistimatis, universal, dan tentatif. Sains sangat terkait dengan upaya memahami berbagai fenomena ...
    • MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELOMPOK BELAJAR DAN SELF EFFICACY 

      Partini (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Fakta yang ada di SMP Al-Muayyat Surakarta menunjukkan bahwa 77% siswa bila mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah lebih memilih menanyakan kepada teman-temannya dari pada membuka referensi dari buku-buku ...
    • NYANYIAN SEBAGAI METODE PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK 

      Lestari, Rini (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Hampir semua orang pernah bernyanyi, begitu pula dengan anak-anak. Dunia anak adalah bermain dan bernyanyi, sehingga ketika anak-anak berada di sekolah TK kegiatan tidak lepas dari bermain dan bernyanyi dengan tujuan ...
    • PELATIHAN SOCIAL STORIES UNTUK MEMBENTUK PERILAKU ALTRUISME ANAK USIA DINI BAGI GURU PAUD 

      Yuwanto, Listyo (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan karakter idealnya ditanamkan sejak anak berusia dini. Orangtua dan guru pendidikan anak usia dini memiliki peran penting pembentukan karakter sejak usia dini. Salah satu karakter yang seharusnya dimiliki adalah ...
    • PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM KELUARGA JAWA 

      Nurani, Gita Aulia; Puspadewi, Melia; Apriliani, Fitria; Moordiningsih (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Keluarga merupakan komponen terkecil dalam masyarakat yang berperan penting dalam pembentukan karakter anak. Orangtua sebagai model utama dalam keluarga bertindak sebagai penanggungjawab timbulnya perilaku positif maupun ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER ( KAJIAN DARI TEORI EKOLOGI PERKEMBANGAN) 

      Na’imah, Tri (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Tulisan ini dilatar belakangi beberapa fenomena di masyarakat yang menunjukkan rendahnya karakter anak. Fenomena itu antara lain masih banyaknya kasus bullying di sekolah, tindak asusila, bahkan kriminalitas anak. ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM JAWA 

      Sujoko (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Memiliki anak yang berkarakter, sholeh dan sholehah, jujur, disiplin, mau bekerja keras, kreatif, mandiri, gemar membaca, peduli lingkungan dan sosial, serta bertanggung jawab merupakan dambaan setiap keluarga. Usaha ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI : SUDAH TERLAMBATKAH? 

      Asyanti, Setia (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Berbagai artikel ilmiah maupun populer mengenai pendidikan karakter telah banyak beredar. Masyarakat makin menyadari pentingnya pendidikan karakter setelah mencermati berbagai peristiwa beruntun di Indonesia yang ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH: APAKAH MENJADIKAN ANAK-ANAK LEBIH BAIK? 

      Karyani, Usmi (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Gencarnya sounding mengenai urgensi pendidikan karakter disambuat baik oleh banyak pihak, sehingga ghirah (semangat) melaksanakan pendidikan karakter cukup terasa di mana-mana. Pemerintah telah mencanangkan aksi nasional ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DIPONEGORO 

      Abidin, Zaenal (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional yang sampai sekarang masih “hidup” di tengah-tengah bangsa Indonesia. Namanya tidak hanya diabadikan sebagai nama Universitas, tetapi juga untuk Kodam, bahkan untuk nama ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam di Jakarta) 

      Hastuti, Rahmah; Tiatri, Sri (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan karakter mempunyai peran penting dalam pengembangan nilai-nilai positif. Pada saat ini kurikulum pendidikan karakter disajikan secara implisit atau termasuk dalam hidden curriculum. Penelitian ini bertujuan ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI 

      Arjanggi, Ruseno (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menberikan sumbangan pemikiran dan pengembangan aplikasi penelitian dalam pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran terutama di perguruan tinggi. Pendidikan karakter ...
    • PENGALAMAN MEMBANGUN PEMBELAJARAN BERLANDASKAN KARAKTER ISLAMI DI PSIKOLOGI UMS 

      Kumaidi (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 4 ayat 3 menyatakan bahwa pendidikan merupakan suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Makalah ini didasari oleh pengalaman empirik ...
    • PENGEMBANGAN PROGRAM PARENTING BAGI ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI POSITIF DAN KARAKTER ISLAMI 

      Hyoscyamina, Darosy Endah; Dewi, Kartika Sari (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Keluarga adalah tempat pertama dan utama dimana seorang anak berkembang. Fungsi keluarga sebagai wahana bagi anak untuk dididik, diasuh, bersosialisasi, mengembangkan kemampuannya dan membangun kebiasaan-kebiasaan positif, ...
    • PERAN KEHIDUPAN EMOSIONAL IBU, BUDAYA DAN KARAKTERISTIK REMAJA PADA REGULASI EMOSI REMAJA 

      Pratisti, Wiwien Dinar (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Tulisan ini merupakan konsep teoritis mengenai keterkaitan antara kehidupan emosional ibu, budaya serta karakteristik remaja dengan regulasi emosi remaja. Konsep teoritis yang diajukan berdasarkan analisis terhadap konsep ...