Strategi Peningkatan Hasil Penjualan Produk Ranjang Bayi di PT. XYZ dengan Metode SWOT
Abstract
PT. XYZ adalah perusahaan di bidang furniture untuk kebutuhan anak. Sejak Mei 2018 sampai
April 2019 Penjualan untuk produk ranjang bayi mengalami penurunan sebesar 16%
perbulan. Oleh karena itu dilakukan analisa untuk menentukan strategi meningkatkan hasil
penjualan produk ranjang bayi. Metode yang digunakan adalah SWOT (Strenght, Weakness,
Opportunites, Threat). Analisa SWOT dilakukan dengan menganalisa faktor pada ranjang bayi
yaitu strength, produk memiliki kualitas yang baik dan aman untuk anak serta memiliki
multifungsi dan perusahaan memberikan garansi tukar barang. Sedangkan untuk weakness
proses pemesanan lama dan stock barang ready terbatas. Untuk faktor opportunities adalah
era digital semakin berkembang sehingga pencarian informasi lebih mudah dan keluarga
sadar tentang keamanan anak. Untuk faktor threat banyak kompetitor dan harga lebih
terjangkau. Berdasarkan hasil analisa, nilai matriks IFAS sebesar 0,5523 dan matriks
EFAS sebesar -0,409 sehingga diketahui penjualan ranjang bayi terletak pada kuadran II
dimana PT. XYZ memiliki peluang yang baik namun ancaman dari luar juga banyak. Sehingga
dilakukan strategi peningkatan penjualan dengan (1) Melakukan perhitungan yang tepat agar
dapat memposisikan diri sebagai produk yang sesuai dengan harga dan kapasitasnya, (2)
Mengembangkan produk baru yang memiliki fungsi lebih variatif dan (3) meyakinkan pembeli
bahwa ranjang bayi aman digunakan dalam jangka waktu yang lama.