dc.identifier.citation | Balai Pusat Statistik (BPS) , (2014) Jaharuddin , Purnawan, etc, 2017, “Strategi Melahirkan Mahasiswa Pengusaha Pemula (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta)” , Jurnal Kewirausahaan & Bisnis, ISSN : 1979-861X E-ISSN : 2549-1555. Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil, Nomor 961/KEP/M/XI/1995. Kompas. 1 Januari 2013. Industri Kreatif dan Kategorinya di Indonesia. (ONLINE) http:// creatips.net/2013/01/industri-kreatif-dan-kat- egorinyadi- indonesia/. Lies Indriyatni at all, 2015, Pengembangan Model Pelatihan Kewirausahaan untuk Perempuan Pengangguran di Kabupaten Demak , Jurusan Akuntansi STIE Pelita Nusantara. Purnomo, Lestari ,Hastuti.,2016 Aplikasi Komputasi Cerdas Sebagai Konsultan Bisnis Dan Technopreneurship Bidang Teknologi Informasi Untuk Mahasiswa, tahun ke 1 dari rencana 2 tahun, Penelitian Hibah Bersaing Kemenristek Dikti. Purnomo,Lestari,Hastuti, 2017, “ Expert System Design For Guidance of Information Technologi Technopreneurships Based on Students Personal Characteristics”, Internasional Journal of Enginering Reseach & Technology (IJERT), Vol.6, No.11, November – 2017, Publised by : http://www.ijert.org. Purnomo,S., 2014, “ Analisis Pengaruh Keluarga, Pendidikan dan Lingkunagn Terhadap Minat berwirausaha Mahasiswa STMIK Duta Bangsa Surakarta”, Jurnal Saintech, Vol. 1 No. 1, ISSN : 2355-5009. Rifiani Ita P, Sulasari Ayu, Romlah Siti, 2013, “Integrated Entrepreneurship pogram: Membentuk Kepedulian Mahasiswa terhadap Industri Kreatif”, Jurnal Senapati, Bali. Sulastri Ayu, 2016, Pengembangan Metode Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek Untuk meningkatkan Karakter, Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno Hatta No.9 Malang. | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model pengembangan pelatihan
kewirausahaan melalui pendekatan Project Based Learning berbasis masalah bisnis yang
kontektual, mengaplikasikan usaha yang direncanakan secara nyata Model ini diharapkan menjadi
wujud community based education (menumbuhkan partisipasi aktif mahasiswa dalam pendidikan
dan pelatihan) yang mampu membentuk wirausahawan baru untuk memperoleh keuntungan ,
menciptakan lapangan kerja mengurangi pengangguran dan angka kemiskinan di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan strategi penelitian observasi
simulasi. Adapun observasi dilakukan terhadap kelompok usaha , dimana tiap kelompok terdiri
dari 4-5 orang mahasiswa Universitas Duta Bangsa di semester ganjil tahun akademik 2019/2020
yang mengambil mata kuliah kewirausahaan . Hasil penelitian didapatkan pemetaan kewirausahaan
mahasiswa dan mendapatkan model pengembangan pelatihan kewirausahaan . Dari hasil
pemetaan kewirausahaan mahasiswa dapat merencanakan usaha sesuai minat dan keahlian yang di
miliki dan melalui model pengembangan pelatihan mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan
permasalahan dalam rencana usaha terkait leadership, keberanian dalam mengambil resiko ,
ketekunan untuk fokus dalam melakukan pekerjaan , tingkat kedisiplinan sehingga mahasiswa
dapat berhasil membangun usaha bisnis baru. | id_ID |