Analisis Penentuan Strategi Pemasaran Produk menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP) pada Sentra Kerajinan Gerabah UMKM Satria Multi Flora
View/ Open
Date
2020Author
Meliala, Palmy Rawinda
Abdillah, Arbian
Nabila, Asri
Metadata
Show full item recordAbstract
Satria Multi Flora merupakan sebuah usaha kecil menengah (UKM) yang bergerak pada
bidang kerajinan seperti pot bunga, vas bunga dan barang kerajinan lainnya. Pada saat ini,
Satria Multi Flora mengalami permasalahan yaitu untuk meningkatkan penjualan dari produk
ataupun gerabah yang dihasilkan oleh Satria Multi Flora, dibutuhkan strategi pemasaran
yang lebih baik daripada strategi yang digunakan saat ini. Untuk mendukung tujuan atupun
Goals tersebut ditentukanlah beberapa kriteria yaitu managerial capabilities, customer linking
capabilities, market motivation capabilities, human resources assets, reputation assets dan
competition. Untuk strategi pemasaran yang ingin digunakan oleh Satria Multi Flora adalah
dengan cara menentukan alternatif solusi yang dikira memungkinkan dan kemudian
dibandingkan serta ditentukan pengaruh antar kriteria ataupun antar alternative-alternatif
yang ada serta dianalisis keputusan yang terbaik dengan menggunakan Analytical Network
Process (ANP). Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode ANP dengan Super Decision
Software, pengambilan keputusan yang tepat dan terbaik dalam hal pemilihan strategi
pemasaran yang menguntungkan untuk Satria Multi Flora adalah stability dengan nilai
perhitungan bobot ideals tertinggi yaitu sebesar 1. Hasil ini dapat digunakan sebagai
alternatif terbaik karena memenuhi kriteria dan sub kriteria diatas yaitu managerial
capabilities, customer linking capabilities, market motivation capabilities, human resources
assets, reputation assets dan competition.