dc.identifier.citation | Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Pusat Statistik, 2017, Data Statistik dan Hasil Survey Ekonomi Kreatif, Bekraf, Jakarta. International Standard Organization, 1998, Ergonomic requirements for office work with visual display terminals (VDTs) – Part 11: Guidance on usability, International Standard Organization, Geneve. Ichsani, Y., 2017, “Evaluasi Performa Usability Situs-Situs Web Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang Terakreditasi “A” Tahun 2013 Serta Perbandingan Kondisi Situs Web Tahun 2014 dan 2017”, Jurnal Teknik Informatika, Vol.10, No.2. Jacobsen, N.E, 1999, Usability evaluation methods: The Reliability and Usage of Cognitive Walkthrough and Usability Test. University of Copenhagen, Denmark Nielsen, J., 1993, Usability Engineering, Morgan Kaufmann Publisher, San Fransisco. Rubin, J. & Dana, C., 2008, Handbook of Usability Testing: How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests (2nd edition), Wiley Publishing, Inc., New Jersey. | id_ID |
dc.description.abstract | Industri kreatif merupakan industri yang mengandalkan kreativitas manusia yang terjadi
peningkatan industri kreatif terhadap perekonomian nasional mencapai 10,14% per tahun.
Peningkatan ini menuntut seluruh subsektor industri kreatif untuk meningkatkan kualitas
produknya termasuk layanan komputer dan peranti lunak seperti desain portal. Pada
penelitian ini menggunakan metode usability testing untuk menguji usabilitas situs berita
Kompas.com. Dengan responden sebanyak 20 orang dilakukan uji terhadap atribut efektivitas,
efisiensi, dan kepuasan. Hasil menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kesulitan tugas yang
diberikan maka semakin besar jumlah eror yang dilakukan. Kemudian, waktu yang dibutuhkan
untuk menyelesaikan tugas berada dalam rentang waktu yang berdekatan serta persentase
kepuasan memiliki nilai rata-rata sebesar 79,74%. Dengan hasil tersebut perlu dilakukan
peningkatan pada desain portal berita seperti perbaikan tata letak dan desain yang lebih
sederhana dan menarik. | id_ID |