Show simple item record

dc.contributor.authorFirda, Fathiyyatu Assa’diy
dc.contributor.authorTriastuti, N Juni
dc.date.accessioned2020-07-01T08:16:17Z
dc.date.available2020-07-01T08:16:17Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.issn2721-2882
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12000
dc.description.abstractPrestasi belajar dipengaruhi berbagai faktor diantaranya adalah tingkat ansietas, motivasi belajar, lama belajar, dan status merantau. Kejadian ansietas di Indonesia mencapai angka 14 juta jiwa (6%). Selain itu, motivasi belajar mahasiswa masih rendah dengan lama waktu belajar yang bervariasi setiap individu. Prestasi belajar juga dipengaruhi oleh status mahasiswa merantau dikarenakan belum meratanya kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisis ada tidaknya hubungan tingkat ansietas, motivasi belajar, lama belajar, dan status merantau dengan prestasi belajar mahasiswa kedokteran. Desain penelitian ini menggunakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan bulan Oktober 2019 di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Besar sampel sebanyak 108 responden dengan teknik simple random sampling. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square dan analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik. Tingkat ansietas memiliki nilai p=0,002 dan nilai OR=15,731. Motivasi belajar memiliki nilai p=0,005 dan nilai OR=7,880. Lama belajar memiliki nilai p=0,000 dan nilai OR=86,603. Status merantau memiliki nilai p=0,003 dan nilai OR=13,819. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat ansietas, motivasi belajar, lama belajar, dan status merantau dengan prestasi belajar. Variabel lama belajar memiliki pengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProceeding Book Call for Paper Thalamus: Medical Research For Better Healthid_ID
dc.titleHUBUNGAN TINGKAT ANSIETAS, MOTIVASI BELAJAR, LAMA BELAJAR, DAN STATUS MERANTAU DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KEDOKTERANid_ID
dc.title.alternativeThe Relation Between Anxiety Level, Learning Motivation, Length of Study and Wandering Status with Learning Achievement of Medical Studentid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record