Analisis Faktor Pelanggan dalam Pemilihan Toko Ritel Modern dan Toko Ritel Tradisional di Kota Yogyakarta
View/ Open
Date
2020-08Author
Ardiansyah, Faisal
Ismayani, Indrianti
Mardiyah, Meiga Isyatan
Widodo, Edy
Metadata
Show full item recordAbstract
Minimarket adalah sebuah usaha yang menawarkan berbagai macam barang mulai dari
makanan, sembako, peralatan dapur serta ditunjang dengan fasilitas dan tempat yang nyaman
bagi pelanggan. Seiring berjalannya waktu ritel tradisional banyak yang gulung tikar.
Berubahnya pola belanja masyarakat hal tersebut juga terjadi di Yogyakarta. Oleh karena itu
dibutuhkan analisis terhadap faktor yang berpengaruh. Dalam hal ini analisis yang digunakan
adalah Principal Component Analysis (PCA). PCA adalah suatu metode yang melibatkan
prosedur matematika yang mengubah dan mentransformasikan sejumlah besar variabel yang
berkorelasi menjadi sejumlah kecil variabel yang tidak berkorelasi, tanpa menghilangkan
informasi penting di dalamnya. (Jatra, Isnanto, & Imam, 2007). Hasil diperoleh hasil sebagai
berikut: Faktor menjamurnya Toko Ritel Modern di Yogyakarta yaitu terdapat 5 komponen PCA.
Faktor yang dapat mempengaruhi keberlangsungan Toko Ritel Tradisional di Yogyakarta yaitu
terdapat 3 komponen PCA. Faktor pembanding Toko Ritel Tradisional agar tetap bertahan yaitu
terdapat 3 komponen PCA.