Show simple item record

dc.contributor.authorBito, Nursiya
dc.contributor.authorLokiman, Rolandi
dc.date.accessioned2020-09-28T03:05:55Z
dc.date.available2020-09-28T03:05:55Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationAngkowo, Kosasih. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo BSNP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika SMP/MTs. Jakarta: Depdiknas https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama Harjanto, Bob. (2011). Agar ANak Tidak Takut Pada Matematika. Yogyakarta: Manika Books. Ilham, Gen Osman dan Oru, Sahin. (2016). Effect of The Use of Multimedia on Students’ Performance: A Case Study of Social Studies Class. Yildiz Technical University, Turkey. Academic Journals, Vol. 11 (8), PP.877-882, 23 April 2016. http://www.academicjournals.org/ERR Kusumah, Y. Tapilow, M. Wahyudi, D. Cunayah. (2003). Desain dan Pengembangan Model Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Analitis Siswa SMU. Laporan Penelitian. Bandung: UPI Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta CV Nusir, Sawsan. Alsmadi, Izzat. Al-Kabi, Mohammed. Sharadgah, Fatima. (2012). Studying The Impact of Using Multimedia Interactive Programs at Children Ability To Learn Basic Math Skills. Acta Didactica Napocensia, Vol.5 No. 2 Ormrod, J.E. (2011). Educational Psychology: Developing Learners. Boston: Pierson Education, Inc Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Surjono, Herman Dwi. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press Uno, Hamzah B. (2012). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Askara.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12198
dc.description.abstractPembelajaran matematika sebagai pendidikan formal melalui pemilihan model, metode dan strategi penggunaan media dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat pembelajar sedemikian rupa hingga proses pembelajaran menjadi efektif. Dengan rancangan media pembelajaran yang tepat dan inovatif tentunya akan memberikan proses belajar yang efektif pada peserta didik dan memberikan pengaruh positif pada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa dan sampel yang terpilih adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran bangun datar dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan powerpoint dengan jumlah siswa masing-masing sebanyak 25 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran bangun datar lebih baik dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint, dimana perolehan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia pembelajaran adalah 67,72 sedangkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media power point adalah 58,04.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titlePengaruh Penerapan Multimedia Bangun Datar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record