Kontribusi Kedisiplinan dan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis kontribusi kedisiplinan dan kemandirian terhadap hasil belajar matematika, kontribusi kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika, serta kontribusi kemandirian terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini berdasarkan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 195 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baki tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan rumus Slovin, sebanyak 131 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket serta dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian, (1) kedisiplinan dan kemandirian berkontribusi secara simultan terhadap hasil belajar matematika sebesar 13,22% dengan (α =0,05), (2) kedisiplinan berkontribusi terhadap hasil belajar matematika sebesar 3,67% dengan (α =0,05), serta (3) kemandirian berkontribusi terhadap hasil belajar matematika sebesar 9,55% dengan (α =0,05).