Show simple item record

dc.contributor.authorRizkian, Dhini Rahmawati
dc.date.accessioned2020-09-28T03:15:21Z
dc.date.available2020-09-28T03:15:21Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationAhmad, A., Tarmizi, R. A., & Nawawi, M. (2010). Visual representations in mathematical word problem solving among form four students in Malacca. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(December 2010), 356–361. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.050 Bahr, D. L., & Garcia, L. A. de. (2010). Elementary mathematics is anything but elementary : content and methods from a developmental perspective. Garcia, J G and Flores, C. D. (2018). International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. 49. Hendriana Sumarmo. (2014). MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY AND SELF-CONFIDENCE (An experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.17509/ije.v8i1.1726 Hermawan, D., Matematis, K., & Pendahuluan, A. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Mulbar, U. (2017). Students ’ Mathematical Connection Based on Levels of Mathematical Abilities : 149(Icest), 172–174. NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In School Science and Mathematics. Ozgen, K. (2013). Self-Efficacy Beliefs In Mathematical Literacy And Connections Between Mathematics And Real World: The Case Of High School Students. Journal of International Education Research (JIER), 9(4), 305–316. https://doi.org/10.19030/jier.v9i4.8082 Permana, Y., & Sumarmo, U. (2007). Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist. Rahardjo, M. dan A. W. (2011). Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika. Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639 Ruspiani. (2000). Kemampuan Siswa dalam Melakukan Koneksi Matematika. Tesis. SPS UPI Bandung. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1217 Sarkam, Sujadi, I., & Subanti, S. (2019). Mathematical connections ability in solving trigonometry problems based on logical-mathematical intelligence level. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012022id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12202
dc.description.abstractKoneksi matematika merupakan kemampuan untuk mengasosiasikan pengetahuan matematika siswa dengan keterampilan matematika lainnya dan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan linear satu variabel (PLSV) ditinjau dari tingkat kemampuan siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penulisan data dan verifikasi data. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan tinggi dapat mengkoneksikan soal cerita matematika dengan masalah kehidupan sehari-hari, mengkoneksikan dengan materi lain dan mata pelajaran lain sehingga, siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi mampu memenuhi semua indikator yang telah ditentukan. Siswa yang memiliki kemampuan rendah tidak mampu mengkoneksikan soal cerita dengan semua indikator. Hal ini ditunjukan berdasarkan hasil tes tertulis siswa dan hasil analisis wawancara kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan koneksi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi PLSV beragam.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titleAnalisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 8 Surakartaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record