dc.identifier.citation | Babys, U. (2016). Kemampuan literasi matematika space and shape dan kemandirian siswa SMA pada discovery learning berpendekatan RME-PISA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1, 43-49. Darwis, Sugita, G., & Anggraini. (2015). Peningkatan Pemahaman Siswa pada Materi Volume Kubus dan Balok Menggunakan Alat Peraga di Kelas V SDN Pebatae Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(1), 228–237. Fauzan, A. (2002). Applying realistic mathematics education in teaching geometry in Indonesian primary schools. Doctoral dissertation. Enschede: University of Twente. Diakses pada tanggal 8 desember 2019, dari http://doc.utwente.nl/58707/1/thesis_Fauzan.pdf Haji, S., Yumiati., & Zamzaili. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyesaikan Soal-Soal PISA (Programme for International Student Assessment) di SMP Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2): 177-183. HW, S., & Rokhani, A. (Eds.). (2013). Peningkatan penalaran dan hasil belajar matematika dengan strategi pembelajaran problem solving. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Irmayanti, L. (2017). Analisis kesulitan belajar siswa SMP kelas VIII pada kubus dan balok. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Kristanti, V. D. (2017). Analisis kesulitan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi kabus dan balok pada siswa kelas VIIIA SMP Instuisi Indonesia. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi. Mutia. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta 10(1): 83-102. National Academy of Science (2006). Learning to Think Spatially. Washington DC: The National Academics Press. OECD. (2013). PISA 2012 assessement and analytical framework: mathematics, reading, science, problem solving, and financial literacy. Diakses pada tanggal 29 September 2019 dari http://www.oecd.org. OECD. (2016). Programme for International Students Assesment (PISA) result from PISA 2015. Diakses pada tanggal 20 September 2019 dari http://www.oecd.org. Palimbong, B., Pai’pinan, M., & Hadiyanti, Y, R. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume kubus dan balok di kelas viii SMP YPK HEDAM ABEPURA. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajaran, 1, 1-8. Putra, T., Sasongko, M., & Oktavianingtyas, E. (2016). Pengembangan Paket Soal Model PISA Konten Space and Shape untuk Mengetahui Level Literasi Matematika Siswa SMP ( The Development of Package Model of PISA Content Space and Shape in Purpose to Know the Mathematics Literacy Level of Junior High School Stude. Jurnal Edukasi, III(1), 27–32. Rahmat, P. S. (2009). Penelitian kualitatif. Equilibrium, 5(9), 1-8. Rahmawati, E., Annajmi., & Hardianto. (2016). Analisis Kemampuan Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 1-5. Refianti, R. (2018). Learning trajectory pembelajaran luas permukaan kubus dan balok. Journal of Mathematics Science and Education, 1, 24 – 37. Sagita, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vi Sd Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Dengan Menggunakan Alat Peraga Vokuba. Jurnal Pelangi, 8(1). https://doi.org/10.22202/jp.2015.v8i1.337 Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126 Sutama. (2016). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fariruz Media. | id_ID |