• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Literasi Matematika terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Berorientasi High Order Thinking Skills

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (377.6Kb)
    Date
    2020-08
    Author
    Ratri, Ajeng Kusuma
    Setyaningsih, Nining
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi metematika siswa dalam memecahkan masalah persamaan garis lurus di kelas VIII. Kemampuan literasi matematika pada penelitian ini terdiri dari enam indikator yaitu komunikasi, mematematisasi, representasi, penalaran dan pemberian alasan, strategi untuk memecahkan masalah, dan penggunaan operasi dan bahasa simbol. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah enam siswa yang diambil dari kelas VIII C di SMP Negeri 2 Klaten tahun ajaran 2019/2020. Keenam siswa diambil berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah, dengan masing-masing kemampuan diambil dua orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, tes, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode, dan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi indikator komunikasi, mematematisasi, representasi, penalaran dan pemberian alasan, strategi untuk memecahkan masalah, dan penggunaan operasi dan bahasa simbol. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu memenuhi indikator komunikasi, representasi, penalaran dan pemberian alasan, strategi untuk memecahkan masalah, serta penggunaan operasi dan bahasa simbol. Pada siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu memenuhi indikator komunikasi serta penalaran dan pemberian alasan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12213
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV