Show simple item record

dc.contributor.authorIrfanudin, I
dc.contributor.authorSumardi, S
dc.date.accessioned2020-09-28T07:20:45Z
dc.date.available2020-09-28T07:20:45Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationDewanthi, Sinta Sih. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Guided Discovery untuk Memfasilitasi Berpikir Kritis. Dalam Murtadho, Ali (Eds.) Peran Matematika dan Pendidikan Matematika Dalam Menghadapi Isu-isu Global: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UMS, 7 Maret 2015 (hal. 187-199). Surakarta: Muhammadiyah University Press. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/5988 Klimoski, R., & Palmer, S. (1993). The ADA and the hiring process in organizations. Consulting Psychology Journal: Practice and Research, 45(2), 10-36. doi:10.1037/1061-4087.45.2.10. Kwon, O.N. (2002). Conceptualizing the Realistic Mathematics Education Approach in the Teaching and Learning of Ordinary Differential Equations. Presented at International Conference on the Teaching of Mathematics (at the Undergraduate Level), Hersonissos, Crete , Greece, July 1-6, 2002. Nugroho, Zuhdha B. & Harta, Idris. (2013). The Backgrounds of Female Student’s Enrollment at The Mathematics Education Department of Muhammadiyah University of Surakarta. Dalam Murtadho, Ali., Wardoyo, Ali & Setyawan, Yusuf M (Eds.), Kurikulum Matematika 2013: Berpikir tingkat tinggi dan berakhlak mulia: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UMS, 15 Mei 2013 (hal. 182-188). Surakarta: Fairuz Media. Schoenfeld, A. H. (1987). What’s all the fuss about metacognition? in A. H. Schoenfeld (Ed.), Cognitive Science and Mathematics Education. Hillsdale, NJ: Erlbaum. Sillick, T. J., & Schutte, N. S. (2006). Emotional intelligence and self-esteem mediate between perceived early parental love and adult happiness. E-Journal of Applied Psychology, 2(2), 38–48. Diakses dari http://ojs.lib.swin.edu.au/index.php/ejap Skemp, R. R. (1987). The Psychology of Learning Mathematics. New Jersey, NJ: Lawrence Erlbaum Associates. Stromberg, Anna. (2002). Trustworthiness in Qualitative Methods. Diakses dari https://www.hu.liu.se/larc/utbildning-information/scientific-methodology/kursmaterial/1.407212 /SciMeth_validitet_strmberg.pdf Newell, A. & Simon, H. (1972). Human Problem Solving. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall. Wijaya, Ariyadi., Heuvel-Panhuizen, Marja van den., Doorman, Michiel., & Robitzsch, Alexander. (2014). Difficulties in Solving Context Based PISA Mathematics Tasks: An Analysis of Student’s Errors. The Mathematics Enthusiast, 11(3), 555 – 585.id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12216
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan faktor yang mempengaruhi kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita berorientasi HOTS pada materi SPLDV berdasarkan indikator HOTS pada kelas VIII A SMP Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2019/2020 yang kemudian dipilih 3 siswa dengan dengan nilai tertinggi dan 2 siswa dengan nilai terendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesalahan menganalisis sebesar 0%, yang artinya semua siswa tidak melakukan kesalahan ini, (2) kesalahan mengevaluasi sebesar 6,67%, siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dari soal secara lengkap, (3) kesalahan mengkreasi sebesar 66,67%, siswa salah dalam menyusun suatu persamaan, melakukan perhitungan sehingga tidak menemukan jawaban akhir Faktor yang mempengaruhi antara lain karena siswa merasa kesulitan dengan tipe soal yang diberikan, siswa belum terbiasa dengan soal bertipe HOTS, dan siswa tidak teliti dalam mengerjakan.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titleKesalahan Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020 dalam Mengerjakan Soal Cerita Berorientasi HOTS pada Materi SPLDVid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record