dc.identifier.citation | Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Ali Hamzah dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Anderson, Lorin W, dan David R Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: a Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational, objectives, Abdriged Edition. Newyork: Longman. Ardhana, Tandyo. (2017). Keterampilan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Garis dan Sudut Berdasarkan Taksonomi Bloom. Universitas Muhammadiyah Surakarta. As’ari, Abdur Rahman dkk. 2017. Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 2. Jakarta: Kemendikbud. Bakry, Md Nor Bin Bakar. (2015). The Process of Thinking among Junior High School Students in Solving HOTS Questions. International Journal of Evaluation and Research in Education, 3(4): 134-145. Brookhart, S.M. (2010). How To Assess Higher-Order Thinking Skills In Your Classroom. United States of Amerika: ASCD Member Book. Conklin, W. (2012). Higher-order thinking skills to develop 21st century learners. Huntingon Beach: Shell Educationl Publishing, Inc. Harmini & Endang S. Winarni. (2012). Matematika untuk PGSD. Bandung: PT remaja Rosda Karya. Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama. Irawati, Tri Novita. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bilangan Bulat. FKIP Universitas Islam Jember. Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar Prespekif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia. Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.58 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Offirston, Topic. (2014). Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Jogjakarta: Deppublish. Schraw, G. & D. R. Robinson. (2011). Assessment of Higher Order Thinking Skills. Charlotte: Information Age Publishing. Ali Hamzah dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada. | id_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita berbasis HOTS konten teorema Pythagoras aspek menganalisis, aspek mengevaluasi, dan aspek mencipta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta kelas 8A yang berjumlah 19 siswa. Instrumen penelitian berupa soal tes dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis HOTS konten teorema Pythagoras aspek (C4) menganalisis mencapai 31,58%; aspek (C5) mengevaluasi mencapai 94,74%; dan aspek (C6) mencipta mencapai 42,1%. | id_ID |