• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesalahan Konseptual dan Prosedural dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar yang Berorientasi HOTS Siswa SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (259.3Kb)
    Date
    2020-08
    Author
    Wijayaningtyas, Ema
    Sumardi, S
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    HOTS merupakan suatu proses berpikir siswa dalam level kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai konsep dan metode. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kesalahan serta mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar yang berorientasi HOTS. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dengan cara mengecek data pada sumber yang sama dengan teknik berbeda yaitu hasil tes dan wawancara. Teknik analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh kesalahan konseptual yang dilakukan siswa yaitu kesalahan tidak memahami informasi apa yang diketahui, kesalahan prosedural yang dilakukan siswa yaitu kesalahan tidak lengkap dalam menjawab soal dan siswa tidak menyelesaikan pengerjaan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang terjadi karena beberapa faktor, diantaranya: tingkat pemahaman siswa terhadap soal yang berorientasi HOTS kurang, siswa belum terbiasa dengan soal yang berorientasi HOTS, rendahnya pemahaman siswa tentang materi aljabar, dan siswa kurang teliti dalam menjawab soal.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12220
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV