Show simple item record

dc.contributor.authorAriyanto, A
dc.date.accessioned2020-09-28T07:34:20Z
dc.date.available2020-09-28T07:34:20Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationAhmad, Zulpahmi. 2014. “ Improving Students Speaking Ability By Using Reciprocal Teaching Strategy At The Twelve Grade Students of SMKN 1 Rambah Rokan Hulu Regency” Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Edu Research Vol.2 No.1: 17-20 Ahmadi, Mohammad Reza. 2012. “ Reciprocal Teaching Strategies and Their Impacts on English Reading Comprehension”. Theory and Practice in Language Studies Vol.2 No.10: 2053-2060 ISSN 1799-2591 Efendi, Nur. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadukan Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi Siswa SMA Berkemampuan Akademik Berbeda di Kabupaten Sidoarjo” FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan Vol.3 No.2 Hal 87-109 ISSN 2087-9016 Effendi, Leo Adhar. 2012. “Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP”. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol.13 No.2: 1-10 Gita, Pisca., Dantes, dan Sariyasa. 2014. “Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD”. E-jurnal Program Pascasarjana Univeritas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar Vol.4 Herawati, Oktiana Dwi Putra., Rusdy Siroj, dan Djahir Basir. 2010. “Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.4 No.1: 70-80 Herman, Nurul Atiqah., Irwan, dan Nilawasti ZA. 2014. “ Penerapan Model Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 26 Padang” Jurusan Matematika FMIPA UNP. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.3 No.1: 13-17 Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ismail, Sarimah dan Atan Abreza. 2011. “Aplikasi Pendekatan Penyelesaian Masalah Dalam Pengajaran Mata Pelajaran Teknikal dan Vokasional di Fakultas Pendidikan UTM”. Jurnal of Educational Psychology and Counseling Vol.2 No.1:133-144 Qohar, Abdul dan Utari Sumarmo. 2013.” Improving Mathematical Communication Ability and Self Regulation Learning Of Yunior High Students by Using Reciprocal Teaching.” IndoMS.J.M.E Vol. 4 No.1: 59-74 Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media Yeni, E. M. 2011. “Pemanfaatan Benda-benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Edisi Khusus hal 63-75id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12221
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan reciprocal teaching. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari 4 pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan deskriptif kualitatif melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Validasi data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian, pertama penerapan pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Kedua peningkatan pemahamn konsep matematika yaitu 1) siswa yang mampu menyatakan ulang sebuah konsep kondisi awal 10 siswa (45,45%), siklus I menjadi 13 siswa (59,09%) dan siklus II menjadi 18 siswa (81,82%), 2) siswa yang mampu memberi contoh dan non-contoh dari konsep kondisi awal 6 siswa (27,27%), siklus I menjadi 10 siswa (45,45%) dan siklus II menjadi 15 siswa (68,18%), 3) siswa yang mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu kondisi awal 9 siswa (40,90%), siklus I menjadi 13 siswa (59,09%) dan siklus II menjadi 19 siswa (86,36%), 4) siswa yang mampu mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah kondisi awal 8 siswa (36,36%), siklus I menjadi 12 siswa (54,55%), dan siklus II menjadi 17 siswa (77,27%).id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titlePeningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Kelas VII Semester Gasal SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record