Show simple item record

dc.contributor.authorSadewa, Muhammad Mufthi
dc.contributor.authorFadhila, Annisa Nur
dc.contributor.authorHadziqoh, Nailil
dc.date.accessioned2020-09-28T07:36:49Z
dc.date.available2020-09-28T07:36:49Z
dc.date.issued2020-08
dc.identifier.citationAnwar, C. (2017). Teori-teori Pendidikan : Klasik hingga Kontemporer, Formula dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Yogyakarta: IRCiSoD. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Silabus 2018 Olimpiade Matematika Internasional untuk Seleksi Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Diakses dari https://www.m4th-lab.net Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 140-144. Retrived from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/aricle/view/19574 OECD (2019a), PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/b25efab8-en OECD (2019b), PISA 2018 Insight and Interpretation, PISA, OECD Publishing, Paris, https://www.oecd.org/pisa Pratiwi, I., (2019). Efek Program PISA terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51-71. doi:10.24832/jpnk.v4i1.1157 Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari, 2(1), 1-13. doi:10.36709/jppm.v2i1.3072 Setiawan, H., Dafik, Lestari, N. D. S., (2014). Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematik, 1(1). Retrived from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/view/955 Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.. Bandung : Alfabeta. Zain, A. N., Supardi, L., & Lanya, H. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Materi Trigonometri. 3(1), 12-16. doi:10.0324/sigma.v.3i1.336id_ID
dc.identifier.issn2656-0615
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12222
dc.description.abstractArtikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kesalahan siswa dalam mengerjakan soal kompetisi matematika pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 5 tim finalis Unikal Mathematics Competition (U-Mac) V tingkat SMA/MA dan SMK/MAK se-Jawa Tengah yang lolos babak penyisihan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes, dokumentasi dan wawancara. Data yang didapatkan berasal dari hasil pekerjaan 5 tim. Adapun beberapa indikator tipe kesalahan yang digunakan sebagai berikut : 1) kesalahan konsep, 2) kesalahan prinsip dan 3) kesalahan prosedur. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Reduksi data dilakukan dengan memilih hal-hal penting, memfokuskan pada jawaban responden berdasarkan tipe kesalahan. Penyajian data dilakukan dalam bentuk uraian singkat, untuk memahami apa yang terjadi, sedangkan. Langkah terakhir adalah verifikasi data yaitu penarikan kesimpulan sementara dan kesimpulan langsung yang didapatkan dengan mengkonfirmasi melalui wawancara terhadap hasil pekerjaan responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden dapat memahami soal namun tidak memahami cakupan materi dalam yang diperlukan dalam penyelesaiannya, sehingga responden dominan melakukan kesalahan prinsip.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020id_ID
dc.titleAnalisis Tipe Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Kompetisi Matematikaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record