dc.identifier.citation | Anwar, C. (2017). Teori-teori Pendidikan : Klasik hingga Kontemporer, Formula dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Yogyakarta: IRCiSoD. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Silabus 2018 Olimpiade Matematika Internasional untuk Seleksi Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Diakses dari https://www.m4th-lab.net Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 140-144. Retrived from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/aricle/view/19574 OECD (2019a), PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/b25efab8-en OECD (2019b), PISA 2018 Insight and Interpretation, PISA, OECD Publishing, Paris, https://www.oecd.org/pisa Pratiwi, I., (2019). Efek Program PISA terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51-71. doi:10.24832/jpnk.v4i1.1157 Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari, 2(1), 1-13. doi:10.36709/jppm.v2i1.3072 Setiawan, H., Dafik, Lestari, N. D. S., (2014). Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematik, 1(1). Retrived from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/view/955 Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.. Bandung : Alfabeta. Zain, A. N., Supardi, L., & Lanya, H. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Materi Trigonometri. 3(1), 12-16. doi:10.0324/sigma.v.3i1.336 | id_ID |
dc.description.abstract | Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kesalahan siswa dalam mengerjakan soal
kompetisi matematika pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Metode yang
dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 5 tim
finalis Unikal Mathematics Competition (U-Mac) V tingkat SMA/MA dan SMK/MAK se-Jawa
Tengah yang lolos babak penyisihan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes,
dokumentasi dan wawancara. Data yang didapatkan berasal dari hasil pekerjaan 5 tim. Adapun
beberapa indikator tipe kesalahan yang digunakan sebagai berikut : 1) kesalahan konsep, 2)
kesalahan prinsip dan 3) kesalahan prosedur. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan yaitu
reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Reduksi data dilakukan dengan memilih hal-hal
penting, memfokuskan pada jawaban responden berdasarkan tipe kesalahan. Penyajian data
dilakukan dalam bentuk uraian singkat, untuk memahami apa yang terjadi, sedangkan. Langkah
terakhir adalah verifikasi data yaitu penarikan kesimpulan sementara dan kesimpulan langsung
yang didapatkan dengan mengkonfirmasi melalui wawancara terhadap hasil pekerjaan
responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden dapat memahami soal
namun tidak memahami cakupan materi dalam yang diperlukan dalam penyelesaiannya, sehingga
responden dominan melakukan kesalahan prinsip. | id_ID |