• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Berkebutuhan Khusus

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (264.6Kb)
    Date
    2020-08
    Author
    Tafrilyanto, Chairul Fajar
    Hasanah, Sri Indriati
    Septaria, Dinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education pada materi bangun ruang. Penelitian ini diawali dengan pembuatan desain pembelajaran dalam bentuk Lesson Planning (Rencana Pembelajaran/RPP), Buku Pegangan Siswa (BPS), Buku Pedoman Guru (BPG), dan Tes Hasil Belajar Siswa (THBS) melalui kegiatan pembelajaran di SLB Asih Mulya Pamekasan. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah Modifikasi Model Thiagarajan atau dikenal dengan istilah 3-D (define, design, dan development). Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas RPP mencapai nilai 4,068, BPS sebesar 3,662, BPG sebesar 4,242, dan THBS valid, sehingga layak digunakan tanpa revisi. Selain itu, perangkat pembelajaran tersebut telah mencapai kriteria keefektifan, yakni aktivitas guru efektif dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa efektif dengan toleransi 5%, respon siswa positif terhadap pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan persentase 100%. Hasil tes belajar menunjukkan bahwa secara individual ada 3 siswa yang tuntas, namun secara klasikal belum tuntas, karena tidak memenuhi kriteria ketuntasan (75% ≤ 85%). Dengan demikian, hasil tes belajar siswa dalam pembelajaran Realistic Mathematics Education di SLB Asih Mulya Pamekasan tidak efektif.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12223
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV