• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Berpikir Siswa SD dalam Menyelesaikan Masalah Satuan Pengukuran Panjang pada Pembelajaran Matematika Humanistik

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (168.1Kb)
    Date
    2020-08
    Author
    Rahmawati, Arum Dwi
    Supriyanto, Djoko Hari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa SD dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan denganmeliputi langkah memahami masalah, merencanakan pemecahan, menyelesaikan masalah sesuai langkah kedua dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh.Subyek penelitian adalah enam siswa kelas I SD N wakah 2 Kecamatan Ngrambe. Pengambilan subyek berdasarkan tingkat prestasi belajar matematika siswa yakni siswa berkemampuan tinggi dua siswa, siswa berkemampuan sedang dan siswa berkemampuan rendah masing-masing dua. Metode tes dan wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu membandingkan data hasil tes dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis melalui reduksi data, model data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini adalah (1) Siswa kriteria tinggi menunjukkan bahwa siswa tersebut berkecenderungan memiliki proses berpikir yang baik dalam menguraikan jawaban secara terperinci sesuai prosedur yang runtut, tepat dan benar dalam menyelesaikan soal satuan pengukuran panjang, (2) Siswa kriteria sedang menunjukkan bahwa siswa tersebut berkecenderungan memiliki proses berpikir yang cukup dalam menguraikan jawaban secara terperinci yaitu menyelesaikan soal satuan pengukuran panjang dengan prosedur yang runtut tetapi kurang tepat, (3) Siswa kriteria rendah menunjukkan bahwa siswa tersebut berkecenderungan memiliki proses berpikir yang kurang yaitu tidak dapat menyelesaikan soal satuan pengukuran panjang dengan prosedur yang benar sesuai langkah-langkah penyelesaian masalah.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12225
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV