Show simple item record

dc.contributor.authorSaleh, Rahmat
dc.contributor.authorMahanal, Susriyati
dc.contributor.authorZubaidah, Siti
dc.contributor.authorSetiawan, Deny
dc.date.accessioned2020-12-14T06:24:30Z
dc.date.available2020-12-14T06:24:30Z
dc.date.issued2020-07
dc.identifier.citationAnderson, L.,W. & Krathwohl, D.,R. (Ed), 2001, A Taxonomy for Learning, Teaching, Assessing (Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives), Addison-Wesley Longman, Inc, New York Astuti, L., S. 2017. Penguasaan Konsep Ipa Ditinjau Dari Konsep Diri Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Formatif, 7(1). Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga. Insyasiska, D. 2013. Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X Mata Pelajaran Biologi di SMAN 1 Batu. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Ismiati, L. 2011. Pengaruh Strategi Belajar TPS, Reciprocal Teaching, dan Integrasinya terhadap hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Berkemampuan Akademik Berbeda di R-SMA-BI Batu. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Ismirawati, N., Corebima, A.,D., Zubaidah, S., & Syamsuri, S. 2018. ERCoRe Learning Model Potential for Enhancing Student Retention among Different Academic Ability. Eurasian Journal of Educational Research, 77, 19-34. Kasmana, I,W. (2011). Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17 (5). Karasar, N. (2006). Scientific Research Method. İstanbul: Nobel Publishing House Mahanal, S., & Zubaidah, S. 2017. Model Pembelajaran Ricosre yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Kreatif. Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2(5). Pambudiono, A., Zubaidah, S., & Mahanal, S. 2013. Perbedaan Kemampuan Berpikir Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri 7 Malang Berdasarkan Jender Dengan Penerapan Strategi Jigsaw. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Razak, F. 2017. Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa Kelas Vii Smp Pesantren Immim Putri Minasatene.Jurnal Mosharafa, 6(1). Ramadhan, f., Mahanal, S., & Zubaidah, S. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Biologi REMAP STAD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), hal 610-615.. RijaL, S., & Bachtiar, S. 2015. Hubungan Antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Bioedukatika, 3(2), hal 15-20. Rosyida, F., Zubaidah, S., & Mahanal, S. 2016. Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Pembelajaran Reading Concept Map-Timed Pair Share (Remap-Tmps). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), hal 622-627. Sholihah, M., Zubaidah, S., & Mahanal, S. 2016. Memberdayakan Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Model Pembelajaran Reading Concept Map-Reciprocal Teaching (Remap Rt). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), hal 628-633. Sumiati, Mahanal, S., Zubaidah, S. 2018. Potensi Pembelajaran Ricosre Pada Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3(10). Sungkawan, R. & Motlan. 2013. Analisis Penguasaan Konsep Awal Fisika Pada Pembelajaran Menggunakan Model Advance Organizer Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2). Sudijono, A. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta; Rajawali Pers. Sumiati, I, D., Mahanal, S., & Zubaidah, S. 2018. Potensi Pembelajaran RICOSRE Pada Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(10), hal 1319-1322. Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Belajar. Suaidy, H., Utaya, S., & Soetjipto, B, E. 2016. The Enhancement of Process Skills and Cognitive Learning Outcomes of Science in Elementary School Through Inquiry Learning. Journal of Research & Method in Education, 6(3), hal 67-71 Zubaidah, S. 2017. Pemmbelajaran Kontekstual Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Universitas Muhammadiayah Makassar Pada Tanggal 06 Mei 2017.id_ID
dc.identifier.issn2685-8770
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12273
dc.description.abstractPenguasaan konsep awal merupakan salah satu indikator keberhasilan belajar siswa sebelum menempuh proses pembelajaran. Penguasaan konsep awal sangat penting bagi mahasiswa sebagai tolok ukur langsung yang digunakan oleh guru/dosen untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai materi yang akan diberikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkap penguasaan konsep awal mata kuliah protista mahasiswa Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu survey. Partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa Biologi semester genap tahun akademik 2019/2020 pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang sebanyak 60 orang. Data penelitian diperoleh dari pretest pada mata kuliah Protista. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep awal mata kuliah protista mahasiswa yaitu berupa tes essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep awal mata kuliah protista mahasiswa Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang berada pada kategori sangat rendah.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-5id_ID
dc.titlePotret Penguasaan Konsep Awal Mata Kuliah Protista Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Malangid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record