dc.contributor.author | Alifah, Al | |
dc.date.accessioned | 2012-04-30T09:25:57Z | |
dc.date.available | 2012-04-30T09:25:57Z | |
dc.date.issued | 2010-06 | |
dc.identifier.citation | Anissa Utami. 2004. Pengaruh Metode Collaborative Learning Dan Problem -Based Learning Terhadap Pemahaman Materi Kuliah. http:\\telaga.cs.ui.ac.id. Diakses : tgl 15 Desember 2006. Asrori, M. 2001. Collaborative Teamwork Learning: Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa Bekerja Secara Kolaboratif Dalam Tim. Editorial Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi 40. Burhanuddin Tola dan Furqon. 2005. Pengembangan Model Penilaian Sekolah Efektif. Jurnal Pendidikan. Balitbang – Depdiknas. http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/ Hudi Isnanto. 2005. Studi Komparasi Tentang Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Antara Yang Menggunakan Sistem Catur Wulan Dengan Program Semester Pada SD Dimoro 3 Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun 2004-2005. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Nasution, S. 2001. Metode Penelitian Naturalistik kualitatif. Cetakan Pertama. Bandung: Tarsito. Siti Nurkhoti’ah & Kamari. 2004. Pembelajaran Terpadu: Solusi Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal pendidikan. www.depdiknas.go.id. Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. | en_US |
dc.identifier.issn | 0852-0976 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/1230 | |
dc.description.abstract | This research aims at detecting the influence of CTL method toward the result
of economic learning achievement at class seven of MTS Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo.
This experiment research used documentation and test for getting the data. The total subjects are
seventy five students, thirty seven students in control class and forty students as experiment class.
The collected data were analyzed by using t –test constructively program spss. The results show
that there is positive influence and significance collaborative teamwork learning methods and the
result of economic learning achievement at class seven of MTS Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo.
The significance is 1 %. | en_US |
dc.subject | CTL | en_US |
dc.subject | hasil belajar ekonomi | en_US |
dc.subject | pengaruh | en_US |
dc.title | COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING (CTL) PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MTs MUHAMMADIYAH BLIMBING SUKOHARJO | en_US |
dc.type | Article | en_US |