Show simple item record

dc.contributor.authorAlifah, Al
dc.date.accessioned2012-04-30T09:25:57Z
dc.date.available2012-04-30T09:25:57Z
dc.date.issued2010-06
dc.identifier.citationAnissa Utami. 2004. Pengaruh Metode Collaborative Learning Dan Problem -Based Learning Terhadap Pemahaman Materi Kuliah. http:\\telaga.cs.ui.ac.id. Diakses : tgl 15 Desember 2006. Asrori, M. 2001. Collaborative Teamwork Learning: Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa Bekerja Secara Kolaboratif Dalam Tim. Editorial Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi 40. Burhanuddin Tola dan Furqon. 2005. Pengembangan Model Penilaian Sekolah Efektif. Jurnal Pendidikan. Balitbang – Depdiknas. http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/ Hudi Isnanto. 2005. Studi Komparasi Tentang Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Antara Yang Menggunakan Sistem Catur Wulan Dengan Program Semester Pada SD Dimoro 3 Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun 2004-2005. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Nasution, S. 2001. Metode Penelitian Naturalistik kualitatif. Cetakan Pertama. Bandung: Tarsito. Siti Nurkhoti’ah & Kamari. 2004. Pembelajaran Terpadu: Solusi Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal pendidikan. www.depdiknas.go.id. Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.en_US
dc.identifier.issn0852-0976
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1230
dc.description.abstractThis research aims at detecting the influence of CTL method toward the result of economic learning achievement at class seven of MTS Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo. This experiment research used documentation and test for getting the data. The total subjects are seventy five students, thirty seven students in control class and forty students as experiment class. The collected data were analyzed by using t –test constructively program spss. The results show that there is positive influence and significance collaborative teamwork learning methods and the result of economic learning achievement at class seven of MTS Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo. The significance is 1 %.en_US
dc.subjectCTLen_US
dc.subjecthasil belajar ekonomien_US
dc.subjectpengaruhen_US
dc.titleCOLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING (CTL) PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MTs MUHAMMADIYAH BLIMBING SUKOHARJOen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record