Konten dan Aktivitas Diklat untuk Guru Ilmu Pengetahuan Alam dalam Mengembangkan Pembelajaran Berpikir Kritis
Abstract
Guru IPA perlu terampil mengajarkan IPA yang membekalkan keterampilan berpikir kritis kepada siswa karena mereka akan menghadapi tantangan dan masalah kehidupan yang lebih kompleks. Salah satu kendala rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa Indonesia adalah fasilitasi yang dilakukan guru IPA yang belum berorientasi pada keterampilan tersebut. Berdasarkan kebutuhan tersebut, saat ini perlu dikembangkan desain konten dan aktivitas diklat untuk melatihkan kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran IPA yang berpikir kritis, terutama untuk topik pembelajaran nonpraktikum di laboratorium. Kajian ini dilakukan melalui telaah literatur dari artikel-artikel hasil penelitian yang termuat di jurnal. Berdasarkan hasil kajian dapat dirumuskan konten diklat terdiri atas konten yang bertujuan untuk: 1) memahamkan konsep berpikir kritis dan pentingnya untuk dilatihkan kepada siswa; 2) mengidentifikasi karakteristik pembelajaran yang efektif dalam melatihkan berpikir kepada siswa; 3) mengembangkan pembelajaran dan penilaiannya; 4) mengimplementasikan pembelajaran; 5) melaporkan dan merefleksikan proses dan hasil belajar. Adapun strategi diklat yang digunakan adalah pemodelan agar guru dapat lebih mudah dalam mempelajari dan mempraktikannya di kelas. Setelah mengikuti proses diklat diharapkan guru dapat mengimplementasikan pembelajaran IPA yang membekalkan keterampilan berpikir kritis bagi siswanya.