PCK (Pedagogical Content Knowledge) Guru IPA Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Kartasura Tahun Ajaran 2019/2020
dc.contributor.author | Robani, Dimar Mizanudin | |
dc.contributor.author | Agustina, Putri | |
dc.date.accessioned | 2021-01-06T09:03:58Z | |
dc.date.available | 2021-01-06T09:03:58Z | |
dc.date.issued | 2020-07 | |
dc.identifier.citation | Anggito, A., & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi : Jejak Publisher. Dariyo, A. 2013. Dasar-Dasar Pedagogi Modern. Jakarta : PT Indeks. Koehler, M. J., & Misra, P. 2009. What Is Technological Pedagogical Content Knowledge ?. Journal of Contemporary Issues in Technology and Teacher Education , 9(1) : 6070. Malawi, Ibadullah., & Maruti, Endang Sri. (2016) Evaluasi Pendidikan. Magetan: AE Media Grafika. Mishra, P., & Koehler, M. J. 2006. Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers college record, 108(6), 1017-1054. Pianda, Didi. 2018. Kinerja Guru. Sukabumi : CV Jejak. Prasetyo, R., Nurohman, S., & Susilowati. 2016. Studi Kasus Kompetensi Pedagogik Guru IPA SMP Ditinjau Dari Aspek PCK (Pedagogical Content Knowledge) dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. 5(9), 17-23. Purwaningsih, E. 2015. Potret Representasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Mengajarkan Materi Getaran dan Gelombang pada Siswa SMP. Indonesian Journal of Applied Physica, 5, 9-15. Rahmadhani, Y., Rahmat, A., dan Purwaningsih, W. 2016. Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Pembelajaran Biologi SMA di Kota Cimahi. Jurnal Nasional Sains dan Pendidikan Sains. 6(1), 17-24. Shulman. 1986. Those Who Undestand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Reseacrh. 15(2). Susilowati., & H, Purwanti W. 2015. Analisis Pedagogical Content Knowledge Guru IPA SMP Kelas VII Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 3(1),72-78. | id_ID |
dc.identifier.issn | 2685-8770 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/12336 | |
dc.description.abstract | Salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas adalah guru. Guru merupakan tenaga pendidik yang memiliki keahlian khusus berupa kompetensi baik dari penguasaan konten (materi) maupun ilmu mengajar (pedagogik) yang disebut PCK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui PCK guru IPA kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Kartasura tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling dan secara non random sampling mengambil 1 RPP setiap guru. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, PCK guru IPA kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Kartasura tahun ajaran 2019/2020 termasuk dalam kategori baik dengan presentase sebesar 72,2%. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-5 | id_ID |
dc.title | PCK (Pedagogical Content Knowledge) Guru IPA Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Kartasura Tahun Ajaran 2019/2020 | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-5
Isu-Isu Strategis Sains, Lingkungan, dan Inovasi Pembelajarannya