dc.identifier.citation | Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru. Borko, H., & Putnam, R. 1998. “The Role of Context in Teacher Learning and Teacher Education.” In Contextual Teaching and Learning: Preparing Teachers to Enhance Student Success in and Beyond School, pp. 35-74. ERIC, Columbus, Ohio, USA. (dalam Pendekatan Kontekstual; Depdiknas:2002). Johnson, Elaine B. 1990. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center (MLC) Merickel, Mark l. 1998. Authentic Assessment. Corvallis, Oregon: Oregon State University (School of education). Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE. Semi, M. Atar. 1990. Rancangan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa. Sounders, John. 1999. Contextually Based Learning: Fad or proven Practice. Texas, USA: CORD. Waco. Sumardjo, Jakob & Sariani K.M,. 1994. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Tarigan, Henry Guntur. 1986. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa. Washington State Consortium for CTL. 2001. Contextual Teaching and Learning. USA: STW. Zakaria, Sofyan dan Sariani, 1990. Kamus Kecil Kesusastraan Indonesia. Jakarta: Erlangga. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meneliti apakah Pendekatan
Pembelajaran Kontekstual dapat memperbaiki kemampuan mahasiswa dalam
menulis cerpen (ceita pendek) dan bagaimana cara menerapkan pendekatan ini
mampu mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis cerpen. Penelitian
yang lebih menekankan pada aplikasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk
memperbaiki kemampuan mahasiswa dalam menulis cerpen ini dilakukan dalam 3
siklus selama 16 kali pada para mahasiswa tahun kedua, Program Pendidikan Bahasa
dan Sastra, FKIP, HAMKA. Instrumen untuk mengumpulkan data berupa pre-test
dan post-test, non-test – kuesioner, observasi dan wawancara, dan peneliti. Data
penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan Pembelajaran
Kontekstual diterapkan melalui pertanyaan-respon, kerja tim, diskusi kelas danmengerjakan tugas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada efek positif dari
aplikasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam mengembangkan kemampuan
mahasiswa dalam menulis cerpen. Diharapkan bahwa hasil penelitian tindakan
kelas ini dapat memberikan gambaran secara positif dalam mengajar kemampuan
menulis cerpen. | en_US |