Show simple item record

dc.contributor.authorHikmat, Ade
dc.date.accessioned2012-04-30T13:59:28Z
dc.date.available2012-04-30T13:59:28Z
dc.date.issued2009-06
dc.identifier.citationAminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru. Borko, H., & Putnam, R. 1998. “The Role of Context in Teacher Learning and Teacher Education.” In Contextual Teaching and Learning: Preparing Teachers to Enhance Student Success in and Beyond School, pp. 35-74. ERIC, Columbus, Ohio, USA. (dalam Pendekatan Kontekstual; Depdiknas:2002). Johnson, Elaine B. 1990. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center (MLC) Merickel, Mark l. 1998. Authentic Assessment. Corvallis, Oregon: Oregon State University (School of education). Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE. Semi, M. Atar. 1990. Rancangan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa. Sounders, John. 1999. Contextually Based Learning: Fad or proven Practice. Texas, USA: CORD. Waco. Sumardjo, Jakob & Sariani K.M,. 1994. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Tarigan, Henry Guntur. 1986. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa. Washington State Consortium for CTL. 2001. Contextual Teaching and Learning. USA: STW. Zakaria, Sofyan dan Sariani, 1990. Kamus Kecil Kesusastraan Indonesia. Jakarta: Erlangga.en_US
dc.identifier.issn0852-9604
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1235
dc.description.abstractPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meneliti apakah Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dapat memperbaiki kemampuan mahasiswa dalam menulis cerpen (ceita pendek) dan bagaimana cara menerapkan pendekatan ini mampu mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis cerpen. Penelitian yang lebih menekankan pada aplikasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk memperbaiki kemampuan mahasiswa dalam menulis cerpen ini dilakukan dalam 3 siklus selama 16 kali pada para mahasiswa tahun kedua, Program Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP, HAMKA. Instrumen untuk mengumpulkan data berupa pre-test dan post-test, non-test – kuesioner, observasi dan wawancara, dan peneliti. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual diterapkan melalui pertanyaan-respon, kerja tim, diskusi kelas danmengerjakan tugas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada efek positif dari aplikasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis cerpen. Diharapkan bahwa hasil penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan gambaran secara positif dalam mengajar kemampuan menulis cerpen.en_US
dc.subjectpembelajaran konstektualen_US
dc.subjectcerita pendeken_US
dc.subjectpenelitian tindakan kelasen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA PRODI BAHASA INDONESIA FKIP UHAMKA.en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record