A STUDY OF ADOLESCENTS’ ANXIETY AND ACHIEVEMENT IN ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meneliti apakah ada hubungan antara kecemasan
dan prestasi siswa dalam menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Subjek
penelitian ini adalah para siswa kelas dua di Sekolah Menengah Umum Negeri 1
Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Sampel berjumlah 152 siswa kelas dua yang
berusia antara 15 tahun sampai 17 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kecemasan siswa dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing berada pada
tingkat layak. Tidak ada hubungan yang signfikan antara nilai kecemasan dan
prestasi siswa. Namun demikian, ada korelasi negatif-signfikan antara kecemasan
dan prestasi siswa. Ada perbedaan antara siswa laki-laki dan perempuan dalam
memahami komunikasi. Ditemukan bahwa perempuan lebih memahami komunikasi
daripada laki-laki; sedangkan berkaitan dengan kecemasan, tidak ada perbedaan
di antara keduanya.