dc.identifier.citation | Amir, A. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembela- jaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 2 (01). http://jurnal.iain-padangsidim puan.ac.id/index.php /LGR/article/ view/211. Diakses pada 1 agustus 2020. Bachtiar, MY.(2015). “Perbedaan pengeta- huan pada pendidikan kesehatan metode ceramah dan media leaflet dengan metode ceramah dan media video tentang bahaya merokok di SMK Kasatrian Solo”. Naskah Publikasi. Universitas Muhamma- diyah Surakarta. https://scholar .google .com/ scho lar?hl=in-ID & client=m s-and roid -xiaomi-rev 1& um= 1&ie =U TF-8 &lr&q= relate d: 2oOZUP M5 4VB QuM :scholar. Google.com /#d =gs qabs &u=%23 p%3D2oOZUPM54VAJ. Diakses pada 1 Agustus 2020. Cahyono, B. (2017). Analisis ketrampilan berfikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 50-64. http://journal.upgris.ac .id/inde x.ph p/aksioma/article/view/1510. Dikses pada 1 Agustus 2020 Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hal. 12. Dharma, Kelana Kusuma. (2011). Meto- dologi Penelitian Keperawa-tan (Pedoman Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: CV. Trans Info Media. Farida, Rohmawati, Indah, & Fuad, A. (2015). Pengaruh Pemberian Pendidikan Sex Dengan Media Mind Mapping Terhadap Pengetahuan Tentang Perkemb-angan Remaja Dan Reproduksi Manusia Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Keperawatan “Hutama Abdi Husada.4.(1).23.https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwj5n8HhnY3sAhUQfX0KHWSGAroQFjAAegQIBhAB&url=https%3A%2F%2Fwww.researchgate.net%2Fpublication%2F337780899_Pengaruh_Strategi_Pembelajaran_Mind_Mapping_terhadap_Tingkat_Kreativitas_Mahasiswa_Program_Studi_Ilmu_keperawatan&usg=AOvVaw3XoBn9bLBCgHrakGFGsWsN. Diakses pada 5 Juli 2020. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Inilah 4 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh. https://www .depkes.go.id/development/site /depk es/pdf.php? id=1-1511250 0015. Diakses 19 Oktober 2019. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Kandungan Dalam Sebatang Rokok. http:// p2ptm.kemkes.go.id/ infografhic/kandungan-dalam-sebat ang-rokok. Diakses 13 November 2019. Pratama, Yoga. (2017). Pengaruh penggu- naan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan belajar reading comprehension di smk kelas xi. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia. 1.(2).38. http://jurnalun ma. ac.id/ index.php/dl/article /vie w/646. Diakses pada 19 Januari 2020. Riskesdas. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Kementrian Kesehatan Badan Penelitian dan Pengemb- angan Kesehatan. https:// www. Google. com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwim55qY09TsAhUj6nMBHapUD94QFjAAegQIAhAC&url=https%3A%2F%2Fwww.kemkes.go.id%2Fresources%2Fdownload%2Finfo-terkini % 2Fhasil-riskesdas-2018. pdf&usg =AOvVaw2 EF4UfaE BGRhXNYMsreXKm. Diakses pada 19 Januari 2020. Rosdiana, Khairuddin, & Imran.(2017). Pengaruh Media Mind Mapping Terhadap Pengetahuan Ibu Rumah Tangga Dalam Pencegahan Penyakit Diare Di Daerah Rawan Banjir Di Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmu Kebenca- naan (JIKA) Pascasarjana Univer- sitas Syiah Kuala.4.(3).99. http://jur nal.Unsyiah.ac.id/JIKA/article/view/13342. Diakses pada 19 Januari 2020. Safitri, Amelia, Mohammad A, & Netty H.(2013). Faktor faktor yang mempengaruhi perilaku merokok pada remaja. Journal of Psychology. 18.(1).60. http:// journal.uinjkt.ac. id/index.php/tazkiya/article/view/9309. Diakses pada 7 Januari 2020. Sari, Fitri F. (2018). “Perbedaan Pengaruh Pendekatan Peer Group dan Booklet Tentang Bahaya Merokok Terhadap Pengetahuan Siswa di SMPN 2 Jenawi”. Skripsi. Universitas Kusuma Husada Surakarta. Sarino & Mei. (2012). Perilaku Merokok Pada Siswa SMP. Jurnal Keperawatan, vol VIII, No.2. https: //ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/ index .php/JKEP/article/view/157. Diakses pada 7 Januari 2020. Tan YL. and Dorotheo U. (2018). The Tobacco Control Atlas: ASEAN Region, Fourth Edition, September 2018. Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA), Bangkok. Thailand. https://se atca. org/dmdocuments/SEATCA%20Tobacco%20Control%20Atlas%20ASEAN%20Region%204th%20Ed%20Sept%202018.pdf. Diakses pada 19 Oktober 2019. Vini, EW & Tri, YM. (2014). “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Siswa Smp Negeri “X” Di Kota Bogor Tahun http://lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-06/S56284-Eneng%20Vini% 20Widianti. Diakses pada 1 Agustus 2020. WHO.(2019). Tobacco. https://www. who. int/news room/fact-sheets/ detail/ tobacco. Diakses 8 oktober 2019. Wijayanti, Diah.(2018). Pengetahuan dan Perilaku Merokok Pelajar Sekolah Menengah Pertama Knowledge and Smoking Behavior of Junior High School Student. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.DR.Soe tomo.4.(1).53.https:// media.neliti. com/media/publications/258422-pe ngetahuan-dan-peril aku-merokok-pelajar-c7808d3a. pdf. Diakses pada 20 Januari 2020. Wijayanti, E, Citra, D, & Rifqatussa’adah. (2017). Faktor-faktor yang Berhu- bungan dengan Perilaku Merokok pada Remaja Kampung Bojong Rawalele, Jatimakmur, Bekasi. Global Medical and Health Communication.https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/gmhc/article/view/2298. Diakses pada 1 Agustus 2020. Windasari, NN, Samekto, W & Mohammad, A.(2014). Pendidikan Kesehatan dalam Meningkatkan Kepatuhan Merawat Kaki pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe I. Muhammadiyah Journal of Nursing.62. https://jour nal.umy. ac.id/index.php/ijnp/article /view/670. Diakses pada 1 Agustus 2020. | id_ID |