Show simple item record

dc.contributor.authorLestari, Septiana
dc.contributor.authorMustikarani, Innez Karunia
dc.contributor.authorMardiyah, Siti
dc.date.accessioned2021-01-07T05:20:54Z
dc.date.available2021-01-07T05:20:54Z
dc.date.issued2020-10
dc.identifier.citationAmir, A. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembela- jaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 2 (01). http://jurnal.iain-padangsidim puan.ac.id/index.php /LGR/article/ view/211. Diakses pada 1 agustus 2020. Bachtiar, MY.(2015). “Perbedaan pengeta- huan pada pendidikan kesehatan metode ceramah dan media leaflet dengan metode ceramah dan media video tentang bahaya merokok di SMK Kasatrian Solo”. Naskah Publikasi. Universitas Muhamma- diyah Surakarta. https://scholar .google .com/ scho lar?hl=in-ID & client=m s-and roid -xiaomi-rev 1& um= 1&ie =U TF-8 &lr&q= relate d: 2oOZUP M5 4VB QuM :scholar. Google.com /#d =gs qabs &u=%23 p%3D2oOZUPM54VAJ. Diakses pada 1 Agustus 2020. Cahyono, B. (2017). Analisis ketrampilan berfikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 50-64. http://journal.upgris.ac .id/inde x.ph p/aksioma/article/view/1510. Dikses pada 1 Agustus 2020 Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hal. 12. Dharma, Kelana Kusuma. (2011). Meto- dologi Penelitian Keperawa-tan (Pedoman Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: CV. Trans Info Media. Farida, Rohmawati, Indah, & Fuad, A. (2015). Pengaruh Pemberian Pendidikan Sex Dengan Media Mind Mapping Terhadap Pengetahuan Tentang Perkemb-angan Remaja Dan Reproduksi Manusia Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Keperawatan “Hutama Abdi Husada.4.(1).23.https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwj5n8HhnY3sAhUQfX0KHWSGAroQFjAAegQIBhAB&url=https%3A%2F%2Fwww.researchgate.net%2Fpublication%2F337780899_Pengaruh_Strategi_Pembelajaran_Mind_Mapping_terhadap_Tingkat_Kreativitas_Mahasiswa_Program_Studi_Ilmu_keperawatan&usg=AOvVaw3XoBn9bLBCgHrakGFGsWsN. Diakses pada 5 Juli 2020. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Inilah 4 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh. https://www .depkes.go.id/development/site /depk es/pdf.php? id=1-1511250 0015. Diakses 19 Oktober 2019. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Kandungan Dalam Sebatang Rokok. http:// p2ptm.kemkes.go.id/ infografhic/kandungan-dalam-sebat ang-rokok. Diakses 13 November 2019. Pratama, Yoga. (2017). Pengaruh penggu- naan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan belajar reading comprehension di smk kelas xi. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia. 1.(2).38. http://jurnalun ma. ac.id/ index.php/dl/article /vie w/646. Diakses pada 19 Januari 2020. Riskesdas. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Kementrian Kesehatan Badan Penelitian dan Pengemb- angan Kesehatan. https:// www. Google. com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwim55qY09TsAhUj6nMBHapUD94QFjAAegQIAhAC&url=https%3A%2F%2Fwww.kemkes.go.id%2Fresources%2Fdownload%2Finfo-terkini % 2Fhasil-riskesdas-2018. pdf&usg =AOvVaw2 EF4UfaE BGRhXNYMsreXKm. Diakses pada 19 Januari 2020. Rosdiana, Khairuddin, & Imran.(2017). Pengaruh Media Mind Mapping Terhadap Pengetahuan Ibu Rumah Tangga Dalam Pencegahan Penyakit Diare Di Daerah Rawan Banjir Di Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmu Kebenca- naan (JIKA) Pascasarjana Univer- sitas Syiah Kuala.4.(3).99. http://jur nal.Unsyiah.ac.id/JIKA/article/view/13342. Diakses pada 19 Januari 2020. Safitri, Amelia, Mohammad A, & Netty H.(2013). Faktor faktor yang mempengaruhi perilaku merokok pada remaja. Journal of Psychology. 18.(1).60. http:// journal.uinjkt.ac. id/index.php/tazkiya/article/view/9309. Diakses pada 7 Januari 2020. Sari, Fitri F. (2018). “Perbedaan Pengaruh Pendekatan Peer Group dan Booklet Tentang Bahaya Merokok Terhadap Pengetahuan Siswa di SMPN 2 Jenawi”. Skripsi. Universitas Kusuma Husada Surakarta. Sarino & Mei. (2012). Perilaku Merokok Pada Siswa SMP. Jurnal Keperawatan, vol VIII, No.2. https: //ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/ index .php/JKEP/article/view/157. Diakses pada 7 Januari 2020. Tan YL. and Dorotheo U. (2018). The Tobacco Control Atlas: ASEAN Region, Fourth Edition, September 2018. Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA), Bangkok. Thailand. https://se atca. org/dmdocuments/SEATCA%20Tobacco%20Control%20Atlas%20ASEAN%20Region%204th%20Ed%20Sept%202018.pdf. Diakses pada 19 Oktober 2019. Vini, EW & Tri, YM. (2014). “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Siswa Smp Negeri “X” Di Kota Bogor Tahun http://lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-06/S56284-Eneng%20Vini% 20Widianti. Diakses pada 1 Agustus 2020. WHO.(2019). Tobacco. https://www. who. int/news room/fact-sheets/ detail/ tobacco. Diakses 8 oktober 2019. Wijayanti, Diah.(2018). Pengetahuan dan Perilaku Merokok Pelajar Sekolah Menengah Pertama Knowledge and Smoking Behavior of Junior High School Student. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.DR.Soe tomo.4.(1).53.https:// media.neliti. com/media/publications/258422-pe ngetahuan-dan-peril aku-merokok-pelajar-c7808d3a. pdf. Diakses pada 20 Januari 2020. Wijayanti, E, Citra, D, & Rifqatussa’adah. (2017). Faktor-faktor yang Berhu- bungan dengan Perilaku Merokok pada Remaja Kampung Bojong Rawalele, Jatimakmur, Bekasi. Global Medical and Health Communication.https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/gmhc/article/view/2298. Diakses pada 1 Agustus 2020. Windasari, NN, Samekto, W & Mohammad, A.(2014). Pendidikan Kesehatan dalam Meningkatkan Kepatuhan Merawat Kaki pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe I. Muhammadiyah Journal of Nursing.62. https://jour nal.umy. ac.id/index.php/ijnp/article /view/670. Diakses pada 1 Agustus 2020.id_ID
dc.identifier.issn2715-615X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12363
dc.description.abstractPengetahuan remaja tentang merokok merupakan dominan yang sangat penting dalam pembentukan perilaku. pengetahuan remaja yang belum cukup mengenai bahaya merokok menyebabkan remaja berisiko 4,762 kali untuk merokok. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab terus meningkatnya jumlah perokok remaja. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah tingginya angka perokok pada remaja yaitu dengan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan ini menggunakan metode mind mapping. Mind mapping bekerja dengan cara memasukan informasi dari luar kedalam otak dengan cara pencatatan yang efektif dan menggunakan berbagi aspek visual. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode mind mapping terhadap pengetahuan mengenai bahaya merokok pada remaja. Desain penelitian ini quasi ekperiment dengan pre and post test without control. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah 88 responden. Instrumen yang digunakan merupakan kuesioner pengetahuan tentang bahaya merokok yang berjumlah 29 item soal. Penelitian ini dilaksanaakan sebanyak 2 kali pertemuan dengan durasi 70 menit disetiap pertemuan. Analisa data menggunakan uji wilcoxon test untuk mengetahui adanya pengaruh. Hasil analisa tingkat pengetahuan pre dan post test didapatkan hasil p = 0,000 (p < 0,05) sehingga ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode mind mapping terhadap pengetahuan tentang bahaya merokok. Kesimpulan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode mind mapping terhadap pengetahuan mengenai bahaya merokok pada remaja.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020 (Profesi Ners XXII)id_ID
dc.titlePengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Mind Mapping terhadap Pengetahuan Mengenai Bahaya Merokok pada Remajaid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record