dc.contributor.author | Andriyanto, Octo Dendy | |
dc.contributor.author | Hardika, Meilita | |
dc.contributor.author | Mintowati, M | |
dc.contributor.author | Kisyani, K | |
dc.date.accessioned | 2021-03-30T04:00:20Z | |
dc.date.available | 2021-03-30T04:00:20Z | |
dc.date.issued | 2020-12 | |
dc.identifier.issn | 2615-1588 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/12425 | |
dc.description.abstract | Teknologi informasi berkembang sangat cepat hingga berdampak dalam dunia pendidikan. Penggunan komputer dalam
pembelajaran bahasa khususnya BIPA memiliki kontribusi positif karena memudahkan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Pembelajaran BIPA memerlukan strategi khusus dalam prosesnya, salah satunya penggunaan laman languagesonline dalam
pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguraikan manfaat penggunaan languagesonline pembelajaran BIPA
di year 1-3 di Surabaya European School. Penelitian pemanfaatan laman languagesonline adalah penelitian kualitatif. Data
penelitian dikumpulkan melalui observasi di kelas saat pembelajaran berlangsung pada siswa Year 1-3 (TK Besar - Kelas
2 SD) di Surabaya European School saat pembelajaran BIPA. Hasilnya didapati bahwa pembelajaran BIPA menggunakan
languagesonline memberi stimulus serta membuat siswa lebih aktif, interaktif, kritis, dan mandiri dalam belajar bahasa
Indonesia. Rangkaian perminan dan lembar kerja memberikan stimulus dan motivasi pada siswa saat belajar bahasa
Indonesia. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | ISETH 2020 (International Summit on Science, Technology, and Humanity) | id_ID |
dc.title | Penggunaan Laman Languagesonline pada Proses Pembelajaran BIPA Level 1 Year 1-3 di Surabaya European School | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |