Show simple item record

dc.contributor.authorPrasetyo, Herry
dc.contributor.authorKuswati, Ani
dc.contributor.authorWahyudi, W
dc.contributor.authorSukrillah, Ulfah Agus
dc.contributor.authorSumedi, Taat
dc.date.accessioned2021-04-03T07:01:54Z
dc.date.available2021-04-03T07:01:54Z
dc.date.issued2021-03
dc.identifier.issn2715-615X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/12446
dc.description.abstractPerubahan sistem pembelajaran dari offline menjadi online akibat covid 19 dapat membawa dampak stres pada siswa selama kegiatan belajar di rumah. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan terapi kognitif sebagai manajemen stres secara individu selama pembelajaran dirumah untuk menurunkan tingkat stres. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pre-posttest tanpa kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa SMA sebagai responden. Mereka dibekali dengan pedoman terapi kognitif untuk mengelola stres mereka selama belajar di rumah. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan Google form Perceived Stress Questionnaire (PSQ) sebelum dan sesudah terapi kognitif. Selain itu, uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat stres yang dialami siswa mengalami penurunan, terutama pada tingkat ringan dan sedang setelah penatalaksanaan diri menggunakan terapi kognitif. Disarankan agar terapi kognitif baik bagi siswa untuk menjaga semangat belajar di rumah.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021 (Profesi Ners XXIII)id_ID
dc.titleCognitive Therapy to Reduce Stress Level Students Who Are Learning at Home During Covid 19id_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record