• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Dental Seminar Universitas Muhammadiyah Surakarta (Densium)
    • Prosiding Dental Seminar Universitas Muhammadiyah Surakarta (Densium) 5 2021
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Dental Seminar Universitas Muhammadiyah Surakarta (Densium)
    • Prosiding Dental Seminar Universitas Muhammadiyah Surakarta (Densium) 5 2021
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERSEPSI PASIEN PUSKESMAS TENTANG KUALITAS PELAYANAN GIGI DAN MULUT DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (806.1Kb)
    Date
    2021-06
    Author
    Putri, Dewi Sartieka
    Erika, Claudia
    Utami, Dilla Adilah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan tingkat kecamatan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dengan kualitas yang baik. Persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan merupakan bentuk keyakinan pasien terhadap pelayanan yang didapatkan dan akan mempengaruhi keputusan serta minat pasien untuk berkunjung berikutnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan minat kunjungan ulang di poli gigi puskesmas. Jenis penelitian adalah observasi analitik dengan rancangan penelitian cross sectional study. Teknik pengambilan sampel puskesmas menggunakan purposive sampling, pengambilan sampel responden menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian dilakukan di 8 lokasi sampel puskesmas Kabupaten Banyumas, jumlah responden 95 orang pasien umum. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner SERVQUAL. Analisis bivariat dengan uji chi-square dilanjutkan uji koefisien kontingensi. Hasil menunjukkan terdapat hubungan yaitu pada dimensi keandalan (p=0,049), ketanggapan (p=0,001), jaminan (p=0,000) dan empati (p=0,000), sedangkan pada dimensi bukti fisik (p=0,122) tidak terdapat hubungan. Penilaian yang membuat pasien berminat untuk berkunjung kembali, yaitu keandalan dinilai dari pelayanan yang dilakukan dengan segera, tepat, dan akurat, ketanggapan berupa kesigapan petugas pelayanan dalam menangani keluhan pasien, jaminan pelayanan dinilai dari dokter gigi yang menjelaskan dengan baik kondisi pasien, serta adanya empati dari petugas pelayanan yang mengerti kondisi pasien. Penilaian dari bukti fisik, keadaan fasilitas puskesmas belum baik dan alat medis kurang tersedia lengkap, namun pasien tetap berminat berkunjung kembali. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan minat kunjungan ulang di poli gigi puskesmas Kabupaten Banyumas.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12515
    Collections
    • Prosiding Dental Seminar Universitas Muhammadiyah Surakarta (Densium) 5 2021

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV