City Branding Kota Surakarta: Peran Arsitektur dalam Pembentukan Ekspresi Kota
View/ Open
Date
2021-02Author
Mumtazia, Lazuardi Azhar
Saputra, Andika
Metadata
Show full item recordAbstract
Agar dapat memiliki daya saing pariwisata dalam skala global, maka
berbagai negara dan kota melakukan upaya untuk menonjolkan
karakteristik khusus yang mereka miliki, yaitu dengan mengusung
city branding. Arsitektur sebagai komponen pembentuk kota
tentunya akan sangat berperan dalam berbagai permasalahan
ruang (place) dan mengemasnya menjadi sebuah produk city
branding. Keberagaman persepsi terhadap city branding kotanya
membuat tiap pemangku kepentingan (stakeholders) memiliki
kebutuhan dan harapan yang berbeda – beda. Faktor yang juga
mempengaruhi adalah karena secara alamiah kota terus tumbuh
dan berkembang. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi
masyarakat terhadap arsitektur Kota Surakarta dalam
mengekspresikan city branding kotanya sebagai bahan masukan
untuk pembuat kebijakan. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Induktif kualitatif
yang bersifat deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah bagaimana
persepsi masyarakat sebagai stakeholder dalam menilai arah
pembangunan dan potensi pariwisata Kota Solo. Pemerintah juga
perlu memperhatikan lagi bangunan sepanjang koridor kota agar
dapat memperlihatkan identitas kotanya dan perlunya perhatian
lebih terhadap perlindungan dan perawatan cagar budaya yang
seharusnya sesuai dengan tagline “Solo masa lalu adalah Solo masa
depan”. Pengembangan setiap distrik di Kota Solo juga dapat
mencontoh Laweyan sebagai daerah yang berhasil dalam
mengekspresikan karakter kotanya.