dc.contributor.author | Hidayat, Arief | |
dc.contributor.author | Supriyadi, Bambang | |
dc.contributor.author | Triwiyono, Andreas | |
dc.date.accessioned | 2021-09-18T22:51:48Z | |
dc.date.available | 2021-09-18T22:51:48Z | |
dc.date.issued | 2021-06 | |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-385-4 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/12696 | |
dc.description.abstract | Jembatan bentang panjang memiliki permasalahan khususnya akibat beban angin. Kegagalan struktur
jembatan akibat beban angin dinamik terjadi pada jembatan Tacoma yang membuat runtuhnya
jembatan karena ketidakstabilan aerodinamik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka
kestabilan aerodinamik dari 3 variasi lebar dek jembatan cable stayed 7 m, 12 m dan 18 m yang mana
hasil dari penelitian ini akan menetukan kategori dari stabilitas aerodinamik dek jembatan. Metode
pengujian penelitian ini adalah dengan menganalisis jembatan cable-stayed menggunakan software
Midas Civil 19 dan hasil analisis yang didapat menunjukkan bahwa semakin besar rasio lebar dek
terhadap bentang jembatan membuat frekuensi alami struktur semakin meningkat. Kestabilan
aerodinamik jembatan pada ketiga model dek jembatan yang paling baik adalah pada bentang 18 m yang
mana memiliki nilai Pb sebesar 0,039 dan masuk kedalam kategori a yang mana menandakan pengaruh
dari beban angin dinamik pada struktur tidak terlalu signifikan berpengaruh. | id_ID |
dc.language.iso | other | id_ID |
dc.publisher | Civil Engineering, Environmental, Disaster & Risk Management Symposium (CEEDRiMS) Proceeding 2021 | id_ID |
dc.title | ANALISIS STABILITAS JEMBATAN CABLE-STAYED PRESTRESSED BOX GIRDER DENGAN VARIASI RASIO BENTANG TERHADAP LEBAR JEMBATAN | id_ID |
dc.type | Article | id_ID |