• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Civil Engineering, Environmental, Disaster & Risk Management Symposium (CEEDRiMS) Proceeding
    • Civil Engineering, Environmental, Disaster & Risk Management Symposium (CEEDRiMS) Proceeding 2021
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Civil Engineering, Environmental, Disaster & Risk Management Symposium (CEEDRiMS) Proceeding
    • Civil Engineering, Environmental, Disaster & Risk Management Symposium (CEEDRiMS) Proceeding 2021
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SISTEM PERBAIKAN TANAH DEEP CEMENT MIXING DI LOKASI STOCK YARD STASIUN KERETA API GARONGKONG KABUPATEN BARRU, SULAWESI SELATAN

    Thumbnail
    View/Open
    VIEW/DOWNLOAD (674.3Kb)
    Date
    2021-06
    Author
    Suwarno, S
    Wicaksono, Luthfi Amri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Emplasemen dan Stockyard di stasiun Garongkong, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan merupakan infrastruktur perkeretaapian dan merupakan bagian dari proyek pembangunan jalan kereta api Trans Sulawesi yang akan menghubungkan seluruh pulau Sulawesi, khususnya jalan kereta api Makassar – Parepare. Emplasemen adalah tempat terbuka atau tanah lapang di dekat stasiun yang disediakan untuk keperluan jawatan kereta api, sedangkan stockyard adalah tempat terbuka atau tertutup untuk menyimpan suatu produk. Stockyard digunakan untuk menyimpan peti kemas dan material curah berupa batu bara. Permasalahan yang ada di lapangan adalah kondisi tanah dasar area ini berupa tanah pasir halus yang lunak; oleh sebab itu diperlukan perbaikan tanah dasar agar kuat menerima beban timbunan dan beban hidup diatas timbunan sebesar 14,00 ton/m2. Metoda perbaikan tanah yang dipakai adalah Deep Cement Mixing (DCM), yaitu metode perbaikan tanah dengan cara melakukan pengeboran tanah dan kemudian dicampurkan semen yang secara langsung dalam bentuk slurry di lubang bor tanpa membuang tanah hasil pengeboran. Bentuk lubang bor berupa 2 buah berdiameter 120 cm yang overlap (interseksi) sejauh 30 cm. Dimensi tersebut setara dengan 1 (satu) lubang bor ekivalen diameter 1.60 meter. Kedalaman pengeboran = 12.00 meter. Kadar semen yang dipakai adalah 15 % berat tanah kering. Jarak antar lubang bor searah sumbu X adalah 2,30 meter dan jarak searah sumbu Y adalah 1.70 m (as-as); yang dipasang di seluruh area stock yard. Hasil analisa menunjukkan bahwa daya dukung tiang bor DCM adalah sebesar 222,41 ton, dimana cukup kuat menahan beban timbunan dan beban hidup diatasnya sebesar 14.00 ton/m2.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/12733
    Collections
    • Civil Engineering, Environmental, Disaster & Risk Management Symposium (CEEDRiMS) Proceeding 2021

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV