SISTEM PERBAIKAN TANAH DEEP CEMENT MIXING DI LOKASI STOCK YARD STASIUN KERETA API GARONGKONG KABUPATEN BARRU, SULAWESI SELATAN
Abstract
Emplasemen dan Stockyard di stasiun Garongkong, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan merupakan
infrastruktur perkeretaapian dan merupakan bagian dari proyek pembangunan jalan kereta api Trans
Sulawesi yang akan menghubungkan seluruh pulau Sulawesi, khususnya jalan kereta api Makassar –
Parepare. Emplasemen adalah tempat terbuka atau tanah lapang di dekat stasiun yang disediakan untuk
keperluan jawatan kereta api, sedangkan stockyard adalah tempat terbuka atau tertutup untuk
menyimpan suatu produk. Stockyard digunakan untuk menyimpan peti kemas dan material curah berupa
batu bara. Permasalahan yang ada di lapangan adalah kondisi tanah dasar area ini berupa tanah pasir
halus yang lunak; oleh sebab itu diperlukan perbaikan tanah dasar agar kuat menerima beban timbunan
dan beban hidup diatas timbunan sebesar 14,00 ton/m2. Metoda perbaikan tanah yang dipakai adalah
Deep Cement Mixing (DCM), yaitu metode perbaikan tanah dengan cara melakukan pengeboran tanah
dan kemudian dicampurkan semen yang secara langsung dalam bentuk slurry di lubang bor tanpa
membuang tanah hasil pengeboran. Bentuk lubang bor berupa 2 buah berdiameter 120 cm yang overlap
(interseksi) sejauh 30 cm. Dimensi tersebut setara dengan 1 (satu) lubang bor ekivalen diameter 1.60 meter.
Kedalaman pengeboran = 12.00 meter. Kadar semen yang dipakai adalah 15 % berat tanah kering. Jarak
antar lubang bor searah sumbu X adalah 2,30 meter dan jarak searah sumbu Y adalah 1.70 m (as-as);
yang dipasang di seluruh area stock yard. Hasil analisa menunjukkan bahwa daya dukung tiang bor
DCM adalah sebesar 222,41 ton, dimana cukup kuat menahan beban timbunan dan beban hidup
diatasnya sebesar 14.00 ton/m2.