KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PERILAKU PETUGAS PUSKESMAS DI SUKOHARJO
View/ Open
Date
2021-02Author
Ramelina, Anida Septi
Candrasari, Anika
Prastyo, Yuni
Ichsan, Burhannudin
Metadata
Show full item recordAbstract
Kepuasan pasien merupakan penilaian pasien terhadap pelayanan kesehatan yang telah
diberikan dimana petugas kesehatan memberikan rasa peduli terhadap pasien. Perilaku
merupakan suatu pola tingkah laku, dan sikap yang dapat menggambarkan perilaku yang
seharusnya diperlihatkan oleh individu tersebut dalam situasi yang umum terjadi sedangkan
petugas kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan. Tujuan
pada penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pasien BPJS terhadap perilaku petugas di
Puskesmas Sukoharjo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan bersifat
deskriptif. Metode penelitian ini lebih menekankan kesimpulan analisis data melalui wawancara
mendalam, (Focus Group Discussion) dan observasi. Total responden yang digunakan pada
penelitian ini yaitu 11 orang, terdiri dari sembilan (9) pasien BPJS, dan dua (2) pasien umum.
Hasil dari penelitian ini yaitu kepuasan pasien terhadap perilaku petugas Puskesmas di Sukoharjo
dimana ini merupakan cerminan dari empat kategori: etos kerja petugas puskesmas baik, perilaku
petugas puskesmas baik dan sopan, petugas puskesmas disiplin dan petugas puskesmas
memberikan penjelasan mengenai sistem informasi yang jelas. Keterbatasan pada penelitian ini
adalah tidak setaranya responden pada pasien BPJS dan pasien umum. Kesimpulan pada
penelitian ini yaitu kepuasan pasien terhadap perilaku petugas puskesmas di Sukoharjo.