dc.description.abstract | Kepuasan pasien yaitu cerminan kualitas pelayanan kesehatan yang mereka terima.
Kepuasan sebagai evaluasi setelah diberikan pelayanan yang dipilih setidaknya memenuhi atau
melebihi harapan. Terdapat lima dimensi mutu pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pasien
yaitu, Reliability (kehandalan), Assurance (Jaminan), Tangibles (Bukti Fisik), Emphaty (Empati),
dan Responsiveness (Ketanggapan). Tujuan penelitian inimenganalis kepuasan pasien BPJS
terhadap mutu pelayanan Puskesmas di Sukoharjo.Metode pada penlitian ini yaitu analisis
kualitatif. Metode penelitian ini lebih menekankan pada kesimpulan analisis data dengan teknik
wawancara mendalam, diskusi kelompok terarah, dan observasi. Responden yang menjadi fokus
penelitian adalah tujuh(7) pasien BPJS dan empat (4) pasien non BPJS di Puskemas Gatak. Total
responden dalam penelitian ini berjumlah 11 orang yang masing-masing berasal dari daerah di
sekitar Puskesmas Gatak Kabupaten Sukoharjo.Hasil penelitian ini diperoleh kepuasan pasien
BPJS terhadap mutu pelayanan Puskesmas di Sukoharjo. Kepuasan tersebut merupakan cerminan
dari limakategori yaitu fasilitas fisik baik, perilaku petugas baik, prosedur pelayanan baik,
fasilitas lengkap baik dan lengkap, dan tidak terdapat perbedaan pelayanan antara pasien BPJS
dan umum. Berdasarkan temuan pada penelitian ini, kesimpulan yang didapatkan yaitu
didapatkan tema terdapatnya kepuasan pasien BPJS terhadap mutu pelayanan Puskesmas di
Sukoharjo. | id_ID |