PENGARUH UANG SAKU, MOTIVASI, SERTA DURASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN
View/ Open
Date
2021-02Author
Winarni, Sri Astari Dwi
Basuki, Sri Wahyu
Herawati, Erna
Ichsan, Burhannudin
Metadata
Show full item recordAbstract
Prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta masih terbilang rendah dibandingkan dengan universitas swasta lainnya, seperti pada UKMPPD Universitas Muhammadiyah Surakarta telah meluluskan 326 orang first taker dan berada di peringkat 62 dengan persentase 56,3% dari 82 universitas yang ada di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh uang saku, motivasi belajar, serta durasi belajar terhadap prestasi belajar. Desain yang dipakai pada penelitian ini adalah analitik observasional. Metode yang dipakai untuk pengambilan sampel yaitu simple random sampling,besar sampel sebanyak 70 responden. Pada regresi linier, hasil dari penelitian ini adalah uang saku memiliki nilai signifikansi 0,778>0,05, dan thitung 0,283< ttabel 1,998. Motivasi belajar memiliki nilai signifikansi 0,000<0,05 dan thitung 3,708> ttabel 1,998. Durasi belajar memiliki nilai signifikansi 0,009<0,05 dan thitung 2,708> ttabel 1,998. Sebesar 23,3% variabel uang saku, motivasi belajar, dan durasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dan 76,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan pada model penelitian ini . Kesimpulan dari penelitian ini yaitu uang saku tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar, sedangkan motivasi dan durasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar.