Show simple item record

dc.contributor.authorMashar, Riana
dc.date.accessioned2012-05-14T03:16:35Z
dc.date.available2012-05-14T03:16:35Z
dc.date.issued2007-05
dc.identifier.citationAshiabi, G. S. (2000). Promoting the Emotional Development of Preschoolers. Early Childhood Educational Journal, Vol. 28. No. 2. Arthur, L., Beecer, B., Dockett, S., Farmer, S., & Death, E. (1998). Programing and Planning in Early Childhood Settings. Sydney: Harcourt Brace.Ekowarni, E. (2005). Peranan Stimulasi Psikologis dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Buletin PADU, Jurnal Ilmiah Anak Dini Usia , edisi khusus 2005. Jakarta: Direktorat PAUD. Foot, H.,Woolfson, L., Terras, M., Norflok, C. (2004). Handling Hard to Manage Behaviors in Prescholl: Provision, A System Approach. Journal of Early Childhood Research. Vol. 2(2), P. 115-138.Hurlock, E. (1991). Psikologi Perkembangan Anak. Jilid 1 (terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga. Izzaty, R. E. (2006). Prediktor Permasalahan Perilaku Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Thesis, tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada. _______. (2005). Mengenali Permasalahan Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Buku Ajar Bidang PGTK. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Kostelnik, M.J., Soderman, A.K., dan Whiren, A.P. (1999). Developmentally Appropriate Curriculum, Best Practices in Early Childhood Education. New Jersey: Prentice Hall. LaFreniere, Peter J. (2000). Emotional Development, A Biosocial Perspective. USA: Wadsworth Thomson Learning. Lawhon, T dan Lawhon, D.C. (2000). Promoting Social Skill in Young Children. Early Childhood Education Journal Vol. 28 No. 2, P. 105-110.Lazarus, R.S. (1991). Emotion and Adaptation. New York: Oxford University Press. Lewis, M dan Haviland-Jones. (2000). Handbook of Emotion. Second Edition. New York: The Guilford Press. Lucas, R.E., Diener, Ed., Larsen, R.J. (2003). Measuring Positive Emotions, Positive Psychologycal Assesment, A Handbook of Models and Measures, edited by Lopez, S.J., & Snyder, C.R.. Washington DC: APA. Mayne, T.J. & Bonanno, G.A. (2001). Emotion, Current Issues and Future Directions. New York: The Guilford Press. Mönks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono, S.R. (1999). Psikologi Perkembangan, Pengantar dalam Berbagai Bagiannya, cetakan 12. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Morrison, G.S. (1988). Early Childhood Education Today, Fourth Edition. Merlbourne: Merril Publishing Company. Ormrod, J.E. (2004). Human Learning. New Jersey: Pearson Prentice Hall Inc.Papalia, D.E., Olds, S.W., dan Feldman, R.D. (2002). A Child’s World, Infancy through Adolescence. Ninth Edition. Boston: McGraw Hill. Patmonodewo, S. (2000). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan & PT Rineka Cipta. Plutchik, R. (2003). Emotion and Life, Perspectives from Psychology, Biology, and Evolution. Washington, DC: American Psychological Association. Santrock, J.W. (2002). Life Span Development, Perkembangan Masa Hidup, Jilid I (terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga. ________. (1995). Children 2 nd edition. Dubuque: Wm.C, Brown Publisher.Salkind, N.J. (2002). Child Development. New York: MacMillan Reference USA. Semiawan, C.R. (2000). Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini (Pendidikan Pra Sekolah dan SD). Jakarta: PT Prenhallindo. Shonkoff, etc. (2006). Children’s Emotional Development is Built into The Architecture of Their Brain. National Scientific Council on The Developing Child. Available http:/ / www. Developingchild.net. Diakses 11 Maret 2006. Suveg, C., Zeman, J., Flannery- Schoeder, E., Cassano, M. (2005). Emotional Socialization in Families of Children with an Anxiety Disorder, Journal of Abnormal Child Psychology, April 2005.http://www.findarticles.com/ p/articles. Diakses 22 Oktober 2006.en_US
dc.identifier.issn0854-2880
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1400
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stimulasi emosi positif yang disusun dalam modul Stimulasi “Aku Anak Ceria” terhadap peningkatan emosi positif anak usia dini. Subjek penelitian dipilih secara purposive random sampling, Penelitian dilakukan dengan desain eksperimen with pretest and posttest group, Kelompok eksperimen terdiri dari tujuh subjek penelitian, yang mendapat perlakuan berupa Stimulasi “Aku Anak Ceria”. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi emosi positif. Skor hasil observasi dianalisis dengan menggunakan metode statistic nonparametric dengan bantuan program SPSS for Windows versi 10.0. Berdasar hasil uji beda peningkatan skor emosi positif antara tes awal dan tes akhir diperoleh hasil nilai Z sebesar -2,371 dengan p = 0,009 (p<0,01), yang berarti bahwa terdapat perbedaan peningkatan skor emosi positif antara tes awal (pretest) dengan tes akhir (posttest) secara signifikan.en_US
dc.subjectemosi positifen_US
dc.subjectanak usia dinien_US
dc.subjectstimulasi emosi positifen_US
dc.titleEMOSI POSITIF ANAK USIA DINI DAN STIMULASI “AKU ANAK CERIA”en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record