PERILAKU MENYONTEK DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI
Abstract
Kepercayaan diri adalah suatu bagian dari kehidupan yang unik dan berharga. Dengan kepercayaan
diri yang dimiliki diharapkan ketika menyelesaikan tugas atau ujian di sekolah, siswa akan percaya pada
kemampuan yang dimiliki sehingga perilaku menyontek dapat dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku menyontek. Hipotesis yang diajukan oleh
penulis adalah ada hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku menyontek. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa SMA Negeri 1 Surakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini cluster non
random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri dan skala perilaku
menyontek. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 15.00 dengan
analisis product moment untuk mengukur hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku menyontek.
Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil analisis data menunjukkan ada koefisien korelasi (r) sebesar -
0,425 dengan p = 0,000 (p<0,01), yang artinya terdapat hubungan negatif yang sangat sigifikan antara
kepercayaan diri dengan perilaku menyontek. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah ada hubungan negatif
yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan perilaku menyontek. Hal ini berarti variabel
kepercayaan diri dengan segala aspek di dalamnya dapat digunakan sebagai prediktor untuk mengukur
perilaku menyontek, artinya semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin rendah perilaku menyontek.