Show simple item record

dc.contributor.authorSetiawan, Nurmayadi
dc.date.accessioned2012-05-15T08:28:45Z
dc.date.available2012-05-15T08:28:45Z
dc.date.issued2009-11
dc.identifier.citationBandura, A. (1986). Self efficacy : Toward a unifiying the original of behavior change Psychologycal Review. New Jersey: Prentice Hall. ________. (1997). Self efficacy mechanism in human agency American Psychology. New Jersey: Prentice hall. Darsono, V. (1995). Pengantar ilmu lingkungan. Yogyakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya. Kreitner, R dan Kinichi, A. (2003). Perilaku organisasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.Retno, D. (2007). Pengaruh pelatihan relaksasi terhadap kecemasan siswa menghadapi ujian semester. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Robbins, S. P. (1996). Perilaku organisasi : Konsep, kontroversi, aplikasi jilid 1 terjemahan. Jakarta: PT Prinhallindo. Truelove, S. (1995). The handbook of training and development. Massachuttes: Blackwell Publisher Ltd. Uti, N. (2008). Abrasi semakin parah di Sayung. Jakarta: Kompas (Sabtu, 6 Desember 2008.en_US
dc.identifier.issn0854-2880
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1454
dc.description.abstractRemaja yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki, serta besar dalam lingkungan yang mendukung secara kondusif merupakan harapan terciptanya generasigenerasi penerus yang berkualitas. Terjadinya bencana alam dan kerusakan alam yang semakin parah secara psikologis akan menyebabkan beberapa dampak negatif seperti kecemasan, stress, depresi dan ketidakberdayaan secara subjektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan peduli lingkungan terhadap efikasi diri siswa daerah rawan abrasi. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh pelatihan peduli lingkungan terhadap efikasi diri siswa daerah rawan abrasi, ada perbedaan efikasi diri siswa daerah rawan abrasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, efikasi diri kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Sayung Kabupaten Demak Jawa Tengah. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik uji t-Test. Diperoleh nilai efikasi diri sebesar 1,225; p= 0,223 (p< 0,05). Nilai rata-rata skala efikasi diri pada kelompok eksperimen 1,77 dan nilai rata-rata efikasi diri pada kelompok kontrol 1,54. Nilai rata-rata ini dapat diinterpretasi bahwa ada perbedaan atau selisih rata-rata pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, namun perbedaan tersebut tidak signifikan. Artinya tidak ada pengaruh antara pelatihan peduli lingkungan terhadap efikasi diri siswa daerah rawan abrasi dan kelompok eksperimen memiliki efikasi diri yang lebih baik daripada kelompok kontrol.en_US
dc.subjectpelatihan peduli lingkunganen_US
dc.subjectefikasi dirien_US
dc.titlePENGARUH PELATIHAN PEDULI LINGKUNGAN TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA DAERAH RAWAN ABRASIen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record