• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Presentasi Pembelajaran Model Active Learning

    Thumbnail
    View/Open
    5_Soleh Amini.pdf (30.27Kb)
    Date
    2012-06-04
    Author
    Amini, Soleh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mengajar dan presentasi adalah dua hal yang sama tetapi mengandung muatan yang berbeda. Siapapun yang melakukan proses pengajaran pasti melakukan presentasi. Tetapi kegiatan presentasi belum tentu mengandung muatan pembelajaran. Proses pembelajaran pada dasarnya adalah sebuah proses interaksi psikoakademik, sosioakademik, dan culturalacademik sehingga perlu dibangun hubungan yang berkeseimbangan antara ketiga unsur tersebut dalam interaksi pembelajaran. Suasana belajar yang sehat, menyenangkan dan menggembirakan hanya mungkin terwujut bila proses pembelajaran dilakukan dalam kerangka “proses pembelajaran aktive (active learning proces). Mengajar adalah merupakan rangkaian dari suatu proses komunikasi ilmiah yang terjadi antara guru dan murid. Dalam proses mengajar aspek kognitif menjadi main target atau target utama guna membentuk suatu pemahaman kuantitatif maupun kualitatif terhadap suatu satuan mata pelajaran tertentu. Sedangkan presentasi adalah proses tranmisi komunikasi dalam bentuk penyampaian suatu gagasan atau informasi-informasi tertentu di hadapan seseorang atau sejumlah orang (biasanya secara verbal), sehingga mewujud pengetahuan baru pada tujuan sasaran (target goal) nya. Kegiatan presentasi adalah aktifitas yang sangat berkaitan dengan masalah interaksi sosial. Oleh karena itu dalam melakukan presentasi (baik sebagai pengajar, trainer, pemasar dll) , seorang presenter harus memperhatikan masalah-masalah yang berkaitan dengan persoalan persepsi sosial. Inti kegiatan dari active learning adalah penciptaan suasana akademik pembelajaran yang aktive dengan pelibatan peserta belajar secara langsung dalam proses kegiatan belajar mengajar.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1506
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV