• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INKLUSI SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN KARAKTER

    Thumbnail
    View/Open
    13_Yanti Dewi Purwanti.pdf (98.20Kb)
    Date
    2012-06-04
    Author
    Dewi Purwanti, Yanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sebagian besar dari berbagai bahasan mengenai pendidikan inklusif biasanya berangkat dari kebutuhan kelompok peserta didik berkebutuhan khusus (ABK). Jarang sekali ada pembahasan mengenai konsekuensinya terhadap peserta didik lain yang tidak dimasukkan dalam kelompok ABK sebagaimana yang tercantum pada Permendiknas nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. Padahal, dalam prakteknya, pendidikan inklusif menyediakan wahana bagi semua peserta didik untuk memperoleh pengalaman saat (1) melakukan tindakan moral tertentu dalam situasi kelas yang beragam; (2) refleksi perasaan yang terlibat dalam tindakan tersebut; serta (3) berdiskusi mengenai latar belakang pemikiran dari tindakan tersebut. Ketiga pengalaman yang sebenarnya merupakan komponen dalam strategi pembelajaran karakter karena Lickona (1991) pernah mengajukan usulan bahwa untuk mengembangkan karakter, komponen-komponen karakter yang perlu dikembangkan secara bersama-sama (tidak boleh salah satunya) adalah komponen moral knowing, moral feeling, dan moral action.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1513
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV